Kompas TV entertainment film

Oppenheimer dan Barbie Meledak, Pertanda Dunia Tuntut Ide Orisinal dan Baru dalam Hiburan

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 09:00 WIB
oppenheimer-dan-barbie-meledak-pertanda-dunia-tuntut-ide-orisinal-dan-baru-dalam-hiburan
Di akhir pekan film Barbie dan Oppenheimer, keluar sebagai pemenang. Greta Gerwig mencatat sejarah sebagai sutradara perempuan. Christopher Nolan mencapai prestasi tertinggi di luar Batman. Bioskop jauh lebih ramai daripada sejak pasca pandemi. Salah satu kemenangan paling penting Barbenheimer adalah orisinalitas. Dua film ini bukanlah sekuel atau dibuat ulang. (Sumber: Twitter @CultureCrave)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV - Di akhir pekan film Barbie dan Oppenheimer, keluar sebagai pemenang. Greta Gerwig mencatat sejarah bagi sutradara perempuan. Christopher Nolan mencapai prestasi tertinggi dalam karier di luar Batman. Bioskop jauh lebih ramai daripada sejak pasca pandemi. 

Namun, salah satu kemenangan paling penting dalam film "Barbenheimer" adalah orisinalitas. Dua film ini bukanlah sekuel atau dibuat ulang, namun mampu mengangkat penjualan box office ke tingkat yang tak terlihat dalam beberapa tahun terakhir.

"Barbie" dan "Oppenheimer" menjadi meme karena perbedaan dunia yang mencolok, tetapi karya masing-masing sutradara tetap kental terasa, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Selasa, (25/7/2023).

"Barbie," yang didasarkan pada boneka Mattel, punya properti intelektual yang sangat terkenal. Sementara kisah J. Robert Oppenheimer dan bom atom berasal dari momen sejarah yang tak terlupakan. Nolan sendiri juga sudah menjadi merek tersendiri.

Namun, zaman kekinian Hollywood diwarnai oleh kehadiran dua film tanpa angka romawi, Jedi, atau superhero. Di saat yang sama, beberapa waralaba film yang paling andal, dari Marvel hingga "Fast and the Furious," tidak lagi menjadi yang terdepan.

Industri film mungkin sedang berubah. Penonton menunjukkan ketertarikan baru pada sesuatu yang segar dan orisinal. "Barbenheimer" bisa jadi merupakan titik balik.

"Saya selalu bercanda jika ada film tornado yang sukses, maka tahun berikutnya akan ada tiga film tornado. Ada prasangka internal untuk melakukan apa yang berhasil," kata Richard Gelfond, kepala eksekutif IMAX. "Saya berharap film-film ini yang orisinal dari sutradara terkenal akan meyakinkan studio untuk mengarah ke arah itu daripada hanya berpegang pada hal yang aman.

"Angka-angka tidak berbohong," kata Gelfond.

Baca Juga: Film Oppenheimer Bakal Jadi Blockbuster dengan Sinematik Luar Biasa

Di akhir pekan film Barbie dan Oppenheimer, keluar sebagai pemenang. Greta Gerwig mencatat sejarah sebagai sutradara perempuan. Christopher Nolan mencapai prestasi tertinggi di luar Batman. Bioskop jauh lebih ramai daripada sejak pasca pandemi. Salah satu kemenangan paling penting Barbenheimer adalah orisinalitas. Dua film ini bukanlah sekuel atau dibuat ulang. (Sumber: Oppenheimer Movie)

Dan angka-angka tersebut sangat mengesankan. Total pendapatan box office di bioskop Amerika Serikat dan Kanada pada akhir pekan tersebut mencapai lebih dari 300 juta dolar, yang merupakan rekor tertinggi keempat sepanjang masa.

"Barbie" dari Warner Bros meraup 162 juta dolar di dalam negeri, menjadi pembukaan terbaik tahun ini. Sementara "Oppenheimer" dari Universal menghasilkan 82,4 juta dolar. Hasil ini, didukung oleh pujian kritis dan kampanye drum beat yang viral selama berbulan-bulan, hampir dua kali lipat dari ekspektasi dan membuat Hollywood terkejut.

Setelah "Barbenheimer," banyak yang berharap Hollywood akan mengambil pelajaran selain dari memberi lampu hijau untuk adaptasi mainan dan kelanjutan sekuel "Barbie" yang tak terhindarkan.

"Semua orang datang pada akhir pekan ini untuk menonton dua film orisinal, cerdas, dan berkualitas," tulis Clare Binns, direktur eksekutif distributor indie Picturehouse, di Twitter. "Itu adalah yang diinginkan penonton. Reboot, superhero, dan film dengan anggaran besar yang sering menutupi kurangnya ide - saatnya untuk merenung. Tidak ada algoritma pada akhir pekan ini."

Belakangan ini, beberapa waralaba film terbesar menunjukkan tanda-tanda kelelahan. "Indiana Jones and the Dial of Destiny," yang dirilis 42 tahun setelah "Raiders of the Lost Ark," gagal menggebrak di bioskop. Film ini menghasilkan 335 juta dolar di seluruh dunia dengan anggaran lebih dari dua kali lipat dari "Barbie," yang berbiaya 145 juta dolar.

Film ke-10 dari seri "Fast and the Furious," "Fast X," gagal di pasar domestik, meskipun penjualan internasionalnya kuat. Dalam tiga hari, "Barbie" sudah melampaui total pendapatan Amerika Utara "Fast X" sebesar 145,9 juta dolar.

Film ketujuh dari seri "Mission: Impossible," "Dead Reckoning Part One," tidak mencapai ekspektasi sebelum dilampaui oleh "Barbenheimer." Pendapatan film ini turun 64% di akhir pekan kedua.

Sementara itu, film-film terbaru dari Marvel dan DC tidak mencapai pendapatan yang seperti dulu dijamin oleh adaptasi buku komik. "Guardians of the Galaxy Vol. 3" dari Marvel, dengan pendapatan 843 juta dolar di seluruh dunia, merupakan film laris, tetapi film-film seperti "Ant-Man and the Wasp: Quantumania" dan "The Flash" jauh dari ekspektasi.



Sumber : Associated Press / Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x