Kompas TV entertainment film

Film Oppenheimer Bakal Jadi Blockbuster dengan Sinematik Luar Biasa

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 07:40 WIB
film-oppenheimer-bakal-jadi-blockbuster-dengan-sinematik-luar-biasa
Cillian Murphy berakting dalam Oppenheimer besutan sutradara kesohor Christopher Nolan. Oppenheimer, yang tayang di bioskop pada 21 Juli, menampilkan pemeran bintang termasuk Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer Kitty, Matt Damon sebagai pria yang mempekerjakan Oppenheimer untuk pekerjaan di Los Alamos, Robert Downey Jr. sebagai pendiri Komisi Energi Atom. (Sumber: Universal)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW YORK, KOMPAS.TV - Christopher Nolan tidak pernah memilih jalan yang mudah atau lurus saat membuat film. Ia mengambil gambar menggunakan format film besar dengan kamera besar yang membebani untuk mendapatkan gambar sinematik terbaik.

Ia lebih suka efek praktis daripada hasil komputer dan lokasi nyata daripada studio suara, bahkan jika itu berarti merekonstruksi ledakan atom di tengah angin kencang gurun New Mexico di tengah malam untuk film "Oppenheimer," yang akan dirilis pada tanggal 21 Juli.

Namun, meskipun banyak rumor di internet, mereka tidak meledakkan senjata nuklir sesungguhnya, seperti laporan Associated Press, Kamis (13/7/2023).

Biografi yang menginspirasi film terbarunya adalah narasi linear yang menarik dari Kai Bird dan Martin J. Sherwin dalam "American Prometheus" menjadi titik awal dari mana Nolan menciptakan labirin misteri dan drama yang memikat.

Itulah sebabnya, dalam dua dekade kariernya di Hollywood, Nolan menjadi sebuah merek dagang, seorang penulis-sutradara auteur yang membuat film-film yang tidak hanya menstimulasi secara intelektual tetapi juga komersial, menghasilkan lebih dari USD5 miliar di box office. Kombinasi itu adalah salah satu alasan mengapa ia dapat menarik pemenang Oscar dan bintang film untuk tidak hanya memimpin film-filmnya, tetapi juga tampil hanya dalam satu atau dua adegan.

"Kita semua begitu terpesona oleh film-filmnya," kata Emily Blunt, yang memerankan istri J Robert Oppenheimer, Kitty. "Penggalian tema-tema besar dengan cara yang menghibur tidak sering terjadi. Itu benar-benar tidak sering terjadi. Kedalaman materi, dan tetap dalam skala epik yang besar."

Dalam kisah yang luas dan kompleks tentang fisikawan teoretis brilian yang mengawasi Proyek Manhattan dan pengembangan bom atom selama Perang Dunia II, Nolan melihat kemungkinan menarik untuk bermain dengan genre dan bentuk.

Baca Juga: 10 Film yang Dirilis Juli 2023 di Bioskop, Ada 'Barbie', 'Oppenheimer' hingga 'Kutukan Peti Mati'

Robert Downey Jr. berakting dalam Oppenheimer besutan sutradara kesohor Christopher Nolan. Oppenheimer, yang tayang di bioskop pada 21 Juli, menampilkan pemeran bintang termasuk Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer Kitty, Matt Damon sebagai pria yang mempekerjakan Oppenheimer untuk pekerjaan di Los Alamos, Robert Downey Jr. sebagai pendiri Komisi Energi Atom. (Sumber: Universal/AP Photo)

Ada perlombaan untuk mengembangkannya sebelum Jerman melakukannya, mata-mata, percintaan, ketegangan dalam rumah tangga, drama pengadilan, ego yang terluka, rekayasa politik, kepanikan komunis, dan beban memiliki kekuatan untuk menghancurkan dunia.

Dan kemudian ada sang tokoh utama itu sendiri, yang dicintai oleh kebanyakan orang tetapi dibenci oleh sebagian, yang setelah mencapai status ikon dalam masyarakat Amerika, melihat reputasinya dan jati dirinya dihancurkan oleh institusi yang membesarkannya.

"Ini adalah kisah yang ambisius untuk diceritakan," kata Matt Damon, yang memerankan Jenderal Leslie Groves Jr. "Saat membaca naskahnya, saya merasakan hal yang sama ketika membaca 'Interstellar,' yaitu: 'Ini bagus. Bagaimana dia akan melakukannya?'"

Ini juga tidak terlalu berbeda dari film-film Nolan yang lain. Seperti yang dikatakan kritikus Tom Shone dalam bukunya tentang sutradara tersebut, "Dilihat dari satu sisi, film-film Nolan adalah alegori tentang pria yang pertama-tama menemukan penyelamatannya dalam struktur, hanya untuk menemukan diri mereka dikhianati atau tenggelam olehnya."

Nolan memilih Cillian Murphy untuk mengemban tugas besar memerankan Oppenheimer. Murphy sudah berakting dalam lima film Nolan sebelumnya, termasuk trilogi Batman, "Dunkirk," dan "Inception," tetapi ini akan menjadi kali pertamanya sebagai pemeran utama, sesuatu yang lama ia dambakan secara diam-diam.

"Kamu merasa bertanggung jawab, tetapi juga merasa sangat lapar dan bersemangat untuk mencobanya, untuk melihat sejauh mana yang bisa kamu capai," kata Murphy, yang mempersiapkan diri dengan intens selama enam bulan sebelum pembuatan film, bekerja sama erat dengan Nolan.

"Itu adalah pekerjaan yang sangat berat, tetapi aku menyukainya. Ada semacam sensasi, energi saat berada di lokasi syuting Chris Nolan tentang potensi apa yang akan kamu capai."

Ini adalah peran yang membutuhkan transformasi fisik untuk menyerupai siluet yang terkenal kurus. Sebagai tokoh yang kompleks dan bertentangan, Oppenheimer muncul dari masa muda yang agak canggung untuk menjadi seorang pria yang memiliki hasrat yang sama besar terhadap Bhagavad Gita, Proust, fisika, bahasa, New Mexico, pertanyaan filsafat tentang penghancuran senjata, dan martini yang dicampur secara sempurna. Tetapi Murphy tahu bahwa ia berada di tangan yang aman dengan Nolan.

Baca Juga: Siap-siap! Film Terbaru Christopher Nolan 'Openheimer' Tayang 2023, Gandeng Cillian Murphy

Oppenheimer, yang tayang di bioskop pada 21 Juli, menampilkan pemeran bintang termasuk Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer Kitty, Matt Damon sebagai pria yang mempekerjakan Oppenheimer untuk pekerjaan di Los Alamos, Robert Downey Jr. sebagai pendiri Komisi Energi Atom. (Sumber: Oppenheimer Movie)

"Ia adalah sutradara yang paling alami yang pernah saya bekerja dengan. Dan catatan yang ia berikan kepada seorang aktor sangat luar biasa. Cara bagaimana ia dengan lembut membawa kamu ke tempat yang berbeda dalam penampilanmu sangat mengagumkan dengan cara yang halus, rendah hati," kata Murphy. "Itu bisa memiliki efek mendalam pada cara pandangmu terhadap suatu adegan dari satu take ke take lainnya."

Nolan menulis garis waktu utama film ini dari sisi orang pertama, atau first person, untuk mewakili pengalaman subjektif Oppenheimer.

"Kita ingin melihat segalanya melalui sudut pandang Oppenheimer," kata Nolan. "Itu adalah tantangan besar bagi seorang aktor karena mereka harus memperhatikan penampilan, kebenaran penampilan, tetapi juga memastikan bahwa itu selalu terbuka bagi penonton."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x