Kompas TV entertainment film

Pemutaran Perdana Barbie Pecahkan Rekor Box Office untuk Film yang Disutradarai Perempuan

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 11:42 WIB
pemutaran-perdana-barbie-pecahkan-rekor-box-office-untuk-film-yang-disutradarai-perempuan
Margot Robbie dan Ryan Gosling membintangi film Barbie (Sumber: Instagram/@wbpictures)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film Barbie karya sutradara Greta Gerwig pecahkan rekor box office untuk sebuah film yang dipimpin sutradara perempuan.

Pemutaran perdana Barbie di akhir pekan 21-23 Juli 2023 di Amerika Serikat memperoleh 155 juta Dollar AS  atau sekitar 2,3 triliun, seperti dilansir dari Deadline.

Diketahui, box office mengacu pada film yang mendapatkan penghasilan melebihi biaya produksi dalam waktu beberapa hari tayang atau saat minggu pertama saja.

Angka tersebut mengalahkan film Captain Marvel tahun 2019, yang disutradarai oleh Anna Boden dengan 153 juta Dollar AS atau sekira Rp2,2 triliun.

Baca Juga: Barbie atau Oppenheimer? Mana yang Harus Ditonton Lebih Dulu?

Secara global, Barbie diperkirakan memperoleh 337 juta Dollar AS, sebagai film terbaik kedua dari seorang perempuan setelah Captain Marvel, yang menghasilkan 456,7 juta Dollar AS. 

Di sisi lain, Oppenheimer karya Christopher Nolan memperoleh 80,5 juta Dollar AS atau Rp1,2 triliun dalam penayangan akhir pekan, menjadikannya film terbaik keempat dengan perkiraan 304 juta Dollar AS.


Warner Bros memilih akhir pekan ketiga bulan Juli untuk meluncurkan Barbie, bukan untuk berhadapan langsung dengan Christopher Nolan, melainkan untuk menjauhkannya dari film keluarga lainnya pada musim panas.

Akhir pekan ketiga di bulan Juli selalu spesial bagi Nolan, karena di situlah dia meluncurkan Dark Knight, Dunkirk, Dark Knight Rises, dan Inception. 

Baca Juga: Daftar 33 Film yang Menginspirasi Barbie, Ada The Wizard of Oz hingga The Godfather

Seperti diketahui, "Barbenheimer" gabungan dari Barbie dan Oppenheimer menjadi fenomena kolektif terbesar di era pandemi untuk memicu akhir pekan box office.

“Ini benar-benar akhir pekan yang luar biasa untuk menonton film,” kata David A. Gross, yang menjalankan perusahaan konsultan film Franchise Entertainment Research.

"'Barbie' dan 'Oppenheimer' saling melengkapi di box office, bukan mengambil penonton satu sama lain." lanjutnya.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x