Kompas TV entertainment musik

Terungkap, Ternyata Ini Judul Asli Lagu Bohemian Rhapsody Milik Queen, Draf Lagunya Bakal Dilelang!

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 20:26 WIB
terungkap-ternyata-ini-judul-asli-lagu-bohemian-rhapsody-milik-queen-draf-lagunya-bakal-dilelang
Selembar kertas berisi draf lagu Bohemian Rhapsody milik Queen dipajang di Rumah Lelang Sotheby's, Kamis (1/6/2023). (Sumber: AP Photo/Frank Franklin II)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV – Siapa tak kenal Queen, band rock legendaris asal London, Inggris, yang digawangi Freddie Mercury dkk? Siapa pula tak kenal Bohemian Rhapsody, lagu hit Queen yang bahkan oleh pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani, disebut sebagai lagu terbaik di dunia sepanjang masa? 

Baru-baru ini, selembar kertas berisi draf lagu versi awal Bohemian Rhapsody mengungkap judul awal yang berbeda.

Pada salah satu dari total 15 halaman kertas draf, penulis lagu sekaligus vokalis Freddie Mercury menorehkan judul Mongolian Rhapsody di bagian atas kertas. Namun, melansir New York Times, kata Mongolian itu kemudian dicoret dan diganti dengan kata Bohemian.

Lirik lagu Bohemian – yang awalnya MongolianRhapsody itu ditulis di atas selembar kertas buku notes British Midland, maskapai Inggris yang kini tak beroperasi lagi.  

Pada 1976, Freddie Mercury menyebut, saat awal menulis lagu itu, “Saya nyaris membuangnya, tapi kemudian (lagu) itu berkembang.”

Baca Juga: Bohemian Rhapsody Queen dan Hey Jude The Beatles Ternyata Berkait Erat, Gunakan Piano yang Sama

Lembaran draf lagu berisi tulisan tangan Freddie Mercury itu bakal dilelang di Rumah Lelang Sotheby's dalam waktu dekat. Draf lagu itu diperkirakan bernilai 1,2 juta poundsterling, atau setara Rp22 miliar. 

Lembar draf itu merupakan satu dari sejumlah benda milik Freddie Mercury, termasuk mebel, kostum panggung dan lembar draf hit lainnya, seperti Somebody to Love, We Are The Champions dan Killer Queen. Benda-benda Freddie Mercury itu dijual oleh teman sekaligus pewarisnya, Mary Austin.

Sejumlah penulis biografi Queen sendiri mengakui bahwa mereka sebelumnya tak menyadari adanya judul awal Bohemian Rhapsody ini. 

Freddie Mercury, frontman Queen yang legendaris saat tampil dalam konser Live Aid di Stadion Wembley, London, Inggris, tahun 1985. (Sumber: Pete Still/Redferns via NME)

Baca Juga: Queen Bakal Rilis Lagu Baru September 2022, Ada Vokal dari Mendiang Freddie Mercury



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x