Kompas TV entertainment selebriti

Dialami Ria Ricis, Apa Itu Mastitis, Gejala dan Penyebabnya pada Ibu Menyusui?

Kompas.tv - 7 September 2022, 10:56 WIB
dialami-ria-ricis-apa-itu-mastitis-gejala-dan-penyebabnya-pada-ibu-menyusui
Ilustrasi. Apa itu mastitis, penyakit yang dialami oleh ibu menyusui. Youtuber Ria Ricis menceritakan kondisinya saat mengalami mastitis. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Youtuber Ria Ricis menceritakan pengalamannya menderita mastitis, penyakit yang bisa dialami oleh ibu menyusui.

Gejala awal mastitis yang dialami Ria Ricis muncul saat dirinya akan pumping (memompa) ASI untuk anaknya, Cut Raifa Aramoana

"Semua itu berawal dari malam hari satu minggu yang lalu, aku emang dalam keadaan tepar teler banget. Malam kan aku harusnya pumping dua jam sampai tiga jam sekali," ucap Ria Ricis, dilansir dari Tribunnews, Rabu (7/9/2022).

Namun, pada keesokan harinya, pemilik nama asli Ria Yunita itu mulai merasa payudaranya mengalami bengkak.

Melihat hal itu, Ria belum menaruh curiga karena sebelumnya pernah mengalami bengkak yang sama namun sembuh.

Baca Juga: Selebgram Dara Arafah Histeris, Brankas Miliknya di Bawa Kabur ART, Ini Kronologinya

"Kemudian keesokan harinya mulai ngerasa grenjel-grenjel gitu, aku kira bengkak biasa, aku udah pijit laktasi hampir empat kali," jelasnya.

Kendati demikian, ia mengatakan bengkak yang dialaminya tak kunjung mengempis meski sudah dilakukan perawatan. Hingga ia merasa putus asa dan memutuskan periksa ke dokter.

"Terus kita panggil dokter laktasi akhirnya. Aku tanya, 'dokter aku kenapa ya, gini gini gini. Pas dicek, aku dibilang katanya 'ini mastitis Bu Ricis'," cerita Ria Ricis.

Penyakit mastitis memang merupakan masalah kesehatan yang dapat dialami oleh seorang ibu pada awal menyusui.

Apabila dibiarkan, maka perlahan akan terbentuk kantong nanah dalam payudara ibu atau disebut juga dengan lactational abscess (bisul pada payudara ibu menyusui).



Sumber : Tribunnews, www.siloamhospitals.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x