Kompas TV entertainment lifestyle

Moms, Merawat Gigi Anak Harus Dimulai Sejak Gigi Belum Tumbuh Lho, Begini Caranya

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 11:02 WIB
moms-merawat-gigi-anak-harus-dimulai-sejak-gigi-belum-tumbuh-lho-begini-caranya
Menyikat gigi adalah kebiasaan yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. (Sumber: Pexels/ Rodnae Production via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Merawat dan menjaga kebersihan gigi perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Bahkan seharusnya sudah dimulai sebelum anak tumbuh gigi.

Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Eka Sabaty Shofiyah, Sp. KGA mengatakan, hal tersebut perlu dilakukan demi menjaga agar gigi anak tidak mengalami masalah seperti gigi berlubang di kemudian hari.

“Perawatan mulut anak perlu diperhatikan sedini mungkin, bahkan sebelum gigi pertama muncul sekali pun,” kata Eka.

Anak yang belum memiliki gigi, tentu belum bisa diberikan sikat gigi dan pasta gigi.

Namun, Eka berpendapat, orangtua sudah bisa membiasakan anak untuk “menyikat gigi” dengan cara memasukkan kain kasa atau silikon ke mulutnya sebagai transisi ke sikat gigi halus.

“Bisa juga dibantu dengan komunikasi verbal, seperti mengatakan ‘nanti kalau sudah tumbuh gigi, Mama bersihkan giginya seperti ini ya,’ kepada anak,” tuturnya.

Baca Juga: Kerap Ditanyakan, Ini Penjelasan Dokter Terkait Waktu Mengganti Sikat Gigi yang Tepat

Lalu saat sudah tumbuh gigi, perhatian orangtua perlu dipusatkan pada sikat dan pasta gigi.

“Saat sudah tumbuh gigi, cari sikat gigi dengan brush kecil dan halus. Untuk bentuk, tentukan bentuk sikat gigi yang dirasa bisa bersih saat membersihkan gigi anak. Itu bisa beda buat setiap orang ya, jadi explore yourself,” jelas Eka.

Untuk pilihan pasta gigi, Eka menjelaskan, penting untuk melihat beberapa kandungan di dalamnya, seperti fluoride dan hydroxypatite.

Menurut dia, pasta gigi ber-fluoride dapat digunakan sejak gigi pertama tumbuh guna mencegah gigi berlubang, tidak perlu menunggu anak bisa berkumur.

Sebab, jika digunakan sesuai panduan takaran, jumlahnya terpantau, dan aman tertelan.

“Pasta gigi dengan hydroxyapatite juga memiliki manfaat memperbaiki permukaan gigi yang mulai melemah. Sehingga dapat digunakan sejak awal gigi anak tumbuh sebagai pendamping pasta gigi ber-fluoride,” ungkap Eka.

Baca Juga: Amankah Kandungan Flouride pada Pasta Gigi? Simak Penjelasan Dokter

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x