Kompas TV entertainment musik

Dituding Rasis Usai Gambar Kartu BTS dengan Wajah Babak Belur, Topps Company Minta Maaf

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 17:34 WIB
dituding-rasis-usai-gambar-kartu-bts-dengan-wajah-babak-belur-topps-company-minta-maaf
Kolase BTS dan kartu stiker BTS berwajah babak belur yang diilustrasikan oleh The Topps Company. (Sumber: AP Photo & The Topps Comany)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – The Toops Comany mengeluarkan permintaan maafnya usai mendapat berbagai kecaman karena menggambar kartu stiker member BTS dengan wajah babak belur.

Sebelumnya, Topps mengeluarkan koleksi bertajuk Garbage Pail Kids “Shammy Awards” di mana koleksi tersebut merupakan ilustrasi dari beberapa nominasi Grammy Awards 2021.

Sejumlah artis yang masuk nominasi Grammy Awards 2021 diilustrasikan oleh Topps dengan berbagai karakter, seperti Taylor Swift, Billie Eilish hingga Harry Styles.

Dalam kartu stiker tersebut, Topps menggambarkan wajah member BTS babak belur dengan jahitan dan perban serta raut wajah yang ketakutan melihat piala Grammy.

Baca Juga: BTS hingga GFRIEND, Agensi Big Hit Entertainment Serukan Kampanye What Do You Believe In, Ada Apa?

Kartu stiker BTS ini pun dituding rasial. Melansir Koreaboo, Kamis (18/3/2021), penggemar melihat perbedaan yang mencolok antara ilustrasi BTS dengan paket lain. Misalnya, Harry Styles yang ditampilkan dalam skenario yang menyenangkan, sementara BTS digambarkan dengan penuh kekerasan.

Perilisan koleksi Garbage Pail Kids ini juga berbarengan dengan adanya gerakan “Stop Asian Hate”, di mana organisasi aktivis Stop AAPI melaporkan adanya 3.800 serangan bermotif rasial yang dialami orang Amerika-Asia selama setahun terakhir.

Hal ini membuat penggemar BTS semakin berang melihat kartu bernama “BTS Bruisers” tersebut. Mereka menuntut klarifikasi dan permintaan maaf dari Topps dan BillBoard, yang mempromosikan koleksi ilustrasi tersebut.

Baca Juga: BTS Gagal Menang Grammy Awards 2021, Diduga karena Bias Rasial

Melalui unggahan di akun Twitter resminya, Topps memberikan klarifikasinya soal kartu BTS tersebut. Topps mengatakan akan segera mencabut kartu stiker BTS tersebut dan tidak akan menyertakannya dalam koleksi Shammy Awards.

“Kami mendengar dan memahami konsumen kami yang marah dengan potret BTS di produk GPK (Garbage Pail Kids) Shammy Awards. Kami meminta maaf atas hal tersebut. Kami akan mencabut stiker kartu BTS dari koleksi. Kami belum mencetak stiker tersebut sehingga tidak akan tersedia,” tulis Topps dalam pernyataannya, Rabu (17/3/2021).

Meski demikian, penggemar BTS masih tidak menerima pernyataan maaf Topps. Lantaran Topps meminta maaf kepada konsumen dan bukan kepada BTS langsung atau komunitas Asia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x