Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Cara Mengatasi Panas Dalam saat Cuaca Panas, dari Air Garam sampai Kunyit

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 02:00 WIB
7-cara-mengatasi-panas-dalam-saat-cuaca-panas-dari-air-garam-sampai-kunyit
Tahun 2023 Mencetak Rekor Sebagai Musim Terpanas dalam Sejarah Catatan NASA (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Beberapa wilayah Indonesia, khususnya Pulau Jawa mulai mengalami peningkatan suhu. Melansir laman Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), peningkatan suhu di Pulau Jawa merupakan tanda puncak musim kemarau. 

Saat cuaca panas, tubuh rentan mengalami panas dalam. Panas dalam sebetulnya bukanlah sebuah penyakit, namun gejala gangguan kesehatan.

Melansir laman Web MD, gejala panas dalam meliputi rasa tidak nyaman atau radang tenggorokan, terutama saat menelan makanan atau minuman. Penderita panas dalam juga akan merasakan sensasi panas atau terbakar, terkadang disertai dengan perasaan kering atau gatal di tenggorokan.

Baca Juga: Musim Panas 2023 Mencatat Rekor Suhu Terpanas dalam Sejarah Catatan NASA

Penyebab panas dalam adalah peradangan di tenggorokan yang dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, iritasi, atau reaksi alergi terhadap zat tertentu. Peningkatan konsumsi makanan pedas atau berminyak, merokok, atau paparan asap kendaraan juga dapat memperburuk gejala. 

Namun tenang, panas dalam dapat diobati dengan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan. Melansir laman Medical News Today, berikut beberapa cara mengatasi panas dalam saat cuaca panas.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Cara mengatasi panas dalam yang paling mudah adalah konsumsi air putih dalam jumlah banyak. Kurangnya cairan di dalam tubuh dapat menimbulkan dehidrasi, sehingga badan menjadi lebih mudah terkena infeksi berbagai virus dan bakteri.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan beberapa gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah. Pastikan untuk minum cukup air putih setiap hari, minimal 2 liter atau sekitar sepuluh gelas untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh.

2. Kumur air garam

Berkumur dengan larutan garam merupakan cara alami yang efektif untuk meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur selama 20 hingga 30 detik.

Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang efektif.

3. Konsumsi madu




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x