Kompas TV entertainment film

Jelang Imlek, TV Kerap Tayangkan Film Wong Fei-hung, Siapa Sebenarnya Dia?

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 15:17 WIB
jelang-imlek-tv-kerap-tayangkan-film-wong-fei-hung-siapa-sebenarnya-dia
Jet Li as Wong Fei-hung in Once Upon a Time in China 2 (Sumber: Asiaone via Bangkapos.com)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Sebentar lagi, warga Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan tahun baru Imlek.

Di Indonesia, saat jelang perayaan Imlek biasanya beberapa stasiun televisi kerap menayangkan film film berbau Mandarin, salah satunya film Once Upon a Time in China yang tayang hingga berjilid-jilid.

Pada film yang diperankan Jet Li ini, artis Hong Kong tersebut memainkan sosok Wong Fei-hung.

Nah, siapakah sosok Wong Fei-hung sebenarnya? 

Baca Juga: Imlek Identik dengan Kalimat Gong Xi Fa Cai, Ternyata Artinya Bukan Selamat Tahun Baru Lho

Melansir Bangkapos.com, Selasa (9/2/2021), Wong Fei-hung adalah yang paling terkenal dari semua eksponen seni bela diri Tiongkok gaya selatan, dan eksploitasinya telah menjadi legenda.

Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 100 film tentang dirinya, 77 di antaranya menampilkan aktor Kwan Tak-hing, yang menjadi identik dengan Wong selama tahun 1950-an dan 1960-an.

Drama radio, novel pulp, serialisasi cerita surat kabar, dan serial televisi telah mengabdikan hidupnya.

Pada satu titik, tidak kurang dari tujuh surat kabar yang memuat novel berseri tentang Wong pada saat yang bersamaan.

Master seni bela diri ini dikenal oleh penonton internasional pada tahun 1990-an ketika diperankan oleh Jet Li  dalam serial film Once Upon a Time in China yang sangat sukses. 

Baca Juga: Sebutan Imlek Hanya di Indonesia, di China disebut Chunjie, Ini Sejarahnya

Terlepas dari statusnya sebagai pahlawan rakyat, sangat sedikit yang diketahui tentang Wong dan kehidupannya.

Memang, sebagian besar sejarah Wong telah diwarnai oleh eksploitasi fiksi yang dikaitkan dengannya.

Seperti kalimat dalam The Man Who Shot Liberty Valance karya sutradara Amerika John Ford berbunyi, "Saat legenda menjadi fakta, cetak legenda", dan ini pasti terjadi dalam kasus Wong.

"Wong Fei-hung sangat dihormati selama hidupnya, tapi hanya sedikit yang diketahui tentang dia," kata Woshi Shanren, yang menulis novel tentang seniman bela diri pada 1940-an dan 1950-an.

Baca Juga: Vihara Bodhisatva Karaniya Metta Pontianak Bersiap Menjelang Imlek

Bahkan satu-satunya foto yang diklaim sebagai dirinya ternyata adalah foto salah satu putranya.

Penelitian mendalam oleh Yu Mo-wan, yang diterbitkan dalam esai tahun 1981, Sinema Prodigius Wong Fei Hung, membuktikan beberapa fakta dasar tentang kehidupannya. Sejak itu, fakta-fakta lain terungkap.

Wong lahir sekitar tahun 1847 di atau dekat Foshan di provinsi Guangdong China. Ayahnya, Wong Kei-ying, adalah salah satu dari Sepuluh Macan Kanton yang terkenal, nama kolektif yang diberikan kepada seniman bela diri terbaik di Guangdong pada pertengahan abad ke-19.

Baca Juga: Resep Lontong Cap Go Meh, Kuliner Khas Tahun Baru Imlek

Sepuluh Macan dikatakan melacak garis keturunan mereka kembali ke pejuang Buddha di biara Shaolin Selatan.

Jika tempat seperti itu ada, konon lokasinya ada di provinsi Fujian, Tiongkok tenggara, dan merupakan tandingan dari Biara Shaolin asli di provinsi Henan utara.

Wong Kei-ying dikatakan telah belajar dibawah bimbingan Luk Ah-choi yang legendaris, mantan kepala biara dari biara Shaolin Selatan dan seorang ahli kung fu "bunga" gaya utara dan gaya ga tergantung selatan.

Luk melihat Kei-ying melakukan seni bela diri dan akrobat di jalan sebagai seorang anak dan menawarkan untuk mengajarinya.

(Wong Fei-hung sendiri kemudian menjadi salah satu dari Sepuluh Macan, mungkin ketika dia berusia dua puluhan, tetapi dia bukan salah satu anggota asli, seperti yang kadang-kadang dikatakan)

Baca Juga: PPKM Mikro, Perjalanan Saat  Libur Imlek Dibatasi

Wong Kei-ying dikenal karena kehebatannya dalam hung ga kung fu, dan mengajar seni bela diri kepada militer.

Khususnya, karena gajinya rendah, dia juga bekerja sebagai dokter - dukun dan mungkin ahli dalam pengaturan tulang dan mendirikan apoteker Po Chi Lam di Guangdong.

Wong Fei-hung mewarisi keterampilan medis ayahnya serta kehebatan seni bela dirinya, dan kemudian menjalankan apoteker Po Chi Lam dalam hidupnya.

Baca Juga: Libur Panjang Imlek, ASN Hingga Pegawai BUMN Dilarang ke Luar Kota

Wong Fei-hung diajari kung fu - terutama gaya hung ga - oleh ayahnya sekitar usia lima tahun, dan melakukan perjalanan ke berbagai desa di Guangdong bersamanya untuk melakukan kung fu di jalan-jalan dan menjual obat untuk mencari nafkah. 

Kisah tentang bagaimana Wong awalnya menjadi terkenal selama salah satu ekspedisi penjualan dengan Kei-ying ini diriwayatkan dalam sebuah artikel oleh grandmaster hung ga, Frank Yee.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x