Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ada Diskon 20 Persen Tarif Tol Semarang-Jakarta Saat Arus Balik, Catat Tanggalnya!

Kompas.tv - 12 April 2024, 07:51 WIB
ada-diskon-20-persen-tarif-tol-semarang-jakarta-saat-arus-balik-catat-tanggalnya
Ilustrasi. Jasa Marga kembali memberikan diskon tarif tol 20% pada momentum arus balik Lebaran 2024. Diskon tarif tol itu berlaku untuk kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik dari Semarang menuju Jakarta. (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberikan diskon tarif tol 20 persen pada momentum arus balik Lebaran 2024.

Namun perlu dicatat, potongan tarif tersebut hanya berlaku bagi kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik dari Semarang menuju Jakarta.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengungkapkan tarif diskon tersebut berlaku mulai Rabu (17/4/2024) pekan depan pukul 05.00 WIB hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB.

Lebih lanjut, ia juga menyebut potongan tarif tol 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari gerbang tol (GT) Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.  

“Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang sampai dengan Jakarta,” ujar Faiza, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/4).

Ia menambahkan, potongan tarif juga hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll).

"Potongan tarif tidak berlaku apabila transaksi dengan saldo e-toll tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan" ujarnya.

Sebab itu, ia pun mengimbau sebelum memulai perjalanan, pastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta.

“Potongan tarif 20% akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan," ucapnya.

Baca Juga: Berlaku di 3 Ruas, Berikut Daftar Diskon Tarif Tol Trans Sumatera Saat Mudik Lebaran 2024

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group.

Adapun ruas jalan yang dimaksud di antaranya Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang dan Semarang Seksi ABC serta jalan tol Non Jasa Marga Group di antaranya Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang.

Sementara itu, pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar yaitu di GT Kalikangkung pada periode arus mudik atau GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan

Sehingga, lanjut dia, diskon tersebut menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB.

"Maka dari itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan waktu perjalanan pada arus mudik dan arus balik sebaik mungkin agar dapat memanfaatkan potongan tarif 20 persen," ucapnya.

Berikut besaran potongan tarif tol 20 persen pada arus balik Lebaran 2024:

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp421.500 menjadi Rp337.200, potongan tarif sebesar Rp84.300
  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp649.500 menjadi Rp519.600, potongan tarif sebesar Rp129.900
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp856.500 menjadi Rp685.200, potongan tarif sebesar Rp171.300

Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan pemberlakuan potongan tarif tol 20 persen ini bertujuan untuk mendistribusikan lalu lintas agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu di mana pergerakan arus balik akan mulai meningkat pada Sabtu (13/4) sampai Senin (15/4) pekan depan.

Baca Juga: KAI Diskon 15% Fasilitas Rail Transit Suite hingga Shower and Locker, 9-18 April 2024



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x