Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pemudik yang Belum Punya Tiket Diimbau Jangan ke Pelabuhan Merak, Tunggu 9 April

Kompas.tv - 7 April 2024, 13:30 WIB
pemudik-yang-belum-punya-tiket-diimbau-jangan-ke-pelabuhan-merak-tunggu-9-april
Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, dipadati pemudik tujuan Pulau Sumatera, Rabu (19/4/2023). (Sumber: Tribun Banten)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

CILEGON, KOMPAS.TV- Kapolda Banten Irjen Abdul Karim melarang pemudik berangkat ke Merak tanpa tiket, karena hal tersebut akan menjadikan situasi di pelabuhan itu semakin sulit. 

Ia menyebut, petugas pelabuhan melaporkan kuota tiket penyeberangan dari Merak ke Bakauheni sudah terjual habis dan tidak akan dijual lagi sampai keberangkatan dimulai tanggal 9 April. 

"Saya imbau kepada masyarakat yang belum berangkat dari rumahnya, jangan dulu berangkat sebelum membeli tiket," kata Abdul Karim kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (7/4).  

Irjen Abdul mengatakan kesulitan di Merak saat ini yaitu para pemangku kepentingan (stakeholder) tidak dapat memprediksi berapa jumlah pemudik yang akan tiba di pelabuhan, sedangkan ritme kedatangannya itu harus bisa disamakan dengan kapasitas kapal yang akan bergerak.

Baca Juga: Pertamina Catat Konsumsi BBM Naik Jelang Lebaran, Pemakaian Pertamax Turbo Melonjak 90%

"Karena kapasitas kapal juga terbatas, dermaganya juga terbatas, sedangkan kendaraan yang masuk ada puluhan ribu," ujarnya. 

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya menerapkan berbagai langkah, diantaranya "delay system" untuk mengurai kepadatan antrean kendaraan yang ingin masuk Pelabuhan Merak. 

Pelaksanaan "delay system" dibagi di beberapa titik, dimulai dari gerbang tol Cikupa, area peristirahatan KM 43 A, area peristirahatan KM 68 A, maupun ruas Jalur Cikuasa Atas sebelum "flyover" Merak.

"Delay system" pada ruas Jalur Cikuasa Atas dimaksudkan agar tidak mengganggu aktivitas warga lokal, karena hanya terdapat satu akses jalan yang menuju ke pelabuhan dan itu juga digunakan untuk masyarakat sekitar Pelabuhan Merak.

Baca Juga: MRT Jakarta Terapkan Pola Operasi Weekend saat Libur Lebaran, Cek Jam Operasionalnya

Langkah lain, pihaknya juga membantu petugas pelabuhan menyiapkan "buffer area" atau tempat transit kendaraan sebelum memasuki kawasan Pelabuhan Merak, supaya kendaraan pemudik yang menunggu antrean menaiki kapal, tidak menimbulkan kemacetan.

"Sudah kami optimalkan. Bahkan sampai tadi juga kami sampaikan kapal pun kami jadikan sebagai "buffer area". Jadi, kapal sambil menunggu di Bakauheni untuk bongkar, itu pun kami gunakan sebagai tempat transit. Jadi ada 56 kapal, kami gunakan semuanya," tuturnya. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x