Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mulai Disalurkan, THR Terealisasi Rp13,4 Triliun per 24 Maret 2024

Kompas.tv - 25 Maret 2024, 12:10 WIB
mulai-disalurkan-thr-terealisasi-rp13-4-triliun-per-24-maret-2024
Ilustrasi uang THR. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk tahun 2024 telah mencapai Rp13,4 triliun, per tanggal 24 Maret, Senin (25/3/2024).

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers APBN KiTa edisi Maret 2024 yang berlangsung di Jakarta.

“Untuk komponen THR sampai 24 Maret itu sudah terealisasi Rp13,4 triliun,” kata Sri Mulyani, dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Baca Juga: Kapan Pencairan PKH Tahap 2 dan Cara Cek Bantuan Rp600 Ribu Pakai HP di cekbansos.kemensos.go.id

Komponen THR dan gaji ke-13 untuk ASN, pejabat negara, TNI, dan Polri terdiri dari berbagai unsur, meliputi gaji pokok sesuai dengan nilai penghasilan terkini, tunjangan jabatan atau umum, tunjangan yang melekat pada gaji pokok seperti tunjangan keluarga dan tunjangan pangan, serta tunjangan kinerja yang diberikan 100% bagi ASN pusat dan maksimal 100% bagi ASN daerah.

Pemberian tunjangan kinerja bagi ASN daerah mempertimbangkan kapasitas fiskal daerah dan diatur sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: BPDPKS Sebut Indonesia akan Produksi 50 Juta Ton Minyak Sawit di 2025

Sri Mulyani memaparkan bahwa distribusi THR untuk aparatur sipil negara (ASN), pejabat negara, anggota TNI, serta anggota Polri telah dilaksanakan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dengan total mencapai Rp3,2 triliun.

Tunjangan ini telah disalurkan kepada 625.112 pegawai yang tergabung dalam 4.722 satuan kerja, dengan total anggaran THR untuk kelompok ini mencapai Rp18 triliun.

Baca Juga: Asosiasi Industri Sawit Berharap Prabowo-Gibran Lanjutkan Hilirisasi Sawit, Bukan hanya Nikel

Adapun penyaluran THR melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) khususnya untuk ASN, pejabat negara, TNI, dan Polri, masih dalam proses pelaporan dan memiliki nilai pagu anggaran sebesar Rp19 triliun.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menyatakan bahwa THR untuk pensiunan dan penerima pensiun telah tersalur sebesar Rp10,2 triliun dari total pagu THR sebesar Rp11,7 triliun.

Baca Juga: Penyerahan Bantuan untuk Keluarga IKAHI Terdampak Banjir di Semarang - MA NEWS

Sebanyak Rp9,98 triliun telah berhasil disalurkan kepada 3,07 juta pensiunan melalui PT Taspen, serta Rp168,6 miliar kepada 57,4 ribu pensiunan melalui PT Asabri.

Khusus untuk profesi guru dan dosen, komponen THR dan gaji ke-13 yang diterima meliputi 100% tunjangan profesi, tunjangan kehormatan profesor, atau tambahan penghasilan guru, memberikan apresiasi terhadap kontribusi mereka dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Gibran Akui Bahas Soal Susunan Kabinet Saat Bertemu Prabowo


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x