Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Asosiasi Industri Sawit Berharap Prabowo-Gibran Lanjutkan Hilirisasi Sawit, Bukan hanya Nikel

Kompas.tv - 24 Maret 2024, 21:00 WIB
asosiasi-industri-sawit-berharap-prabowo-gibran-lanjutkan-hilirisasi-sawit-bukan-hanya-nikel
Sejumlah asosiasi industri sawit menyatakan keyakinan pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, semakin memperkuat hilirisasi sektor kelapa sawit. (Sumber: PTPN XIII)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sejumlah asosiasi industri sawit menyatakan keyakinan pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, semakin memperkuat hilirisasi sektor kelapa sawit, bukan hanya hilirisasi nikel. 

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga menyatakan, visi misi keduanya melanjutkan program pemerintah saat ini yang sudah berjalan, salah satunya hilirisasi industri. 

"Saya yakin Prabowo-Gibran sangat berkomitmen dalam program hilirisasi sawit. Ke depan, Indonesia berpeluang menjadi Raja Green Fuel di dunia,” kata Sahat dalam keterangan resminya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Minggu (24/3/2024). 

Baca Juga: Wakil Mendag Jerry Sambuaga Angkat Bicara soal Isu 'Black Campaign' Industri Sawit Indonesia

Ia juga meminta Pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang agar membentuk Badan Sawit Indonesia, sehingga lebih efektif dalam mengurus sektor kelapa sawit di tanah air.

Ia menyampaikan, saat ini ada 17 kementerian/lembaga pemerintah yang mengurusi sawit sebagai satu komoditas. Hal itu eringkali justru memunculkan tumpang tindih kebijakan, yang dampaknya merugikan industri kelapa sawit.

"Ibaratnya dampak dari 17 kementerian ini lego jangkar, sehingga kapal ini tidak bergerak. Makanya dibutuhkan badan khusus sawit ini supaya bisa cepat bergerak dan menghilangkan tumpang tindih regulasi," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) berharap kepada Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang baru untuk mendukung terus program biodiesel sebagai bagian transisi energi terbarukan.

Baca Juga: Apa Itu Minyak Makan Merah dan Manfaatnya? Jokowi Sebut Harganya Lebih Murah daripada Minyak Goreng

Sekjen APROBI Ernest Gunawan berharap, pemerintahan yang baru bisa membuat regulasi program biodiesel yang ebih solid dan tidak menimbulkan multitafsir.

"Untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang, kami berharap nanti regulasi untuk semua kepmen (keputusan menteri) bisa lebih solid, agar tidak terjadi interpretasi yang berbeda-beda," ucapnya. 

Dia menilai Prabowo-Gibran bisa membuat investor biofuel Indonesia lebih tenang ke depannya dalam investasi, sebab keduanya telah menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan program biodiesel.

"Kami berharap dengan adanya wakil presiden muda juga, Gibran, nanti ke depannya peraturan-peraturan baik bagi pengusaha. Yang pasti mendukung apa pun, kami akan mensuport dan berharap peraturan lebih save bagi kami investor," tuturnya.


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x