Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Siap-Siap! Peserta yang Lolos CASN 2024 Sebagian akan Langsung Ditempatkan di IKN

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 17:00 WIB
siap-siap-peserta-yang-lolos-casn-2024-sebagian-akan-langsung-ditempatkan-di-ikn
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat meninjau area di IKN. Dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024, pemerintah juga akan merekrut CASN yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. (Sumber: menpan.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024, pemerintah juga akan merekrut CASN yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas mengatakan, dirinya diminta oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menyiapkan jumlah kebutuhan ASN.

Baik yang diusulkan dari ASN yang sudah ada maupun yang akan direkrut, dari tiap kementerian dan lembaga untuk penempatan di IKN.

Untuk itu, dalam pengusulan kebutuhan pada Seleksi CASN Tahun 2024 ini, perlu disiapkan formasi khusus yang disiapkan untuk langsung bekerja di IKN. Bukan hanya dari Otorita IKN saja, melainkan juga dari seluruh unsur pemerintah pusat yang akan pindah ke IKN sesuai tahapannya.

Baca Juga: Jadwal Seleksi CASN 2024 Dibuka Tiga Periode, 2,3 Juta Formasi Terbuka, Fresh Graduate Bisa Daftar

"Presiden meminta agar kami juga menyiapkan formasi kebutuhan bagi fresh graduate, bukan saja untuk Otorita IKN, tetapi juga seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke IKN Nusantara,” kata Anas dalam keterangan resminya, Senin (22/1/2024). 

Dalam pembuatan skenario pemindahan ASN ke IKN ini, Kementerian PANRB tidak hanya mengoordinasikan jumlah ASN dari pemerintah pusat yang akan pindah saja. Tapi juga harus menyiapkan skenario agar fungsi pemerintahan dapat langsung berjalan optimal.

“Tentu kita koordinasi dengan kementerian/lembaga juga berapa sesungguhnya yang diperlukan bagi talenta-talenta unggul yang akan dipilih oleh kementerian/lembaga untuk langsung berkantor di IKN Nusantara,” ujarnya. 

Anas menerangkan, selain terkait dengan SDM aparatur, Kementerian PANRB juga bertugas untuk menyiapkan tata kelola pemerintahan yang akan dijalankan di IKN. 

Baca Juga: Cara Daftar CPNS 2024 di SSCASN BKN, Ini Syarat, Berkas Dokumen dan Jadwalnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x