Kompas TV nasional peristiwa

Jadwal Seleksi CASN 2024 Dibuka Tiga Periode, 2,3 Juta Formasi Terbuka, Fresh Graduate Bisa Daftar

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 07:00 WIB
jadwal-seleksi-casn-2024-dibuka-tiga-periode-2-3-juta-formasi-terbuka-fresh-graduate-bisa-daftar
Calon aparatur sipil negara (CASN) yang mundur setelah dinyatakan lulus, tidak akan bisa mengikuti seleksi untuk periode berikutnya. (Sumber: Menpan.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah di bawah arahan Presiden Joko Widodo, akan mengadakan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dengan format baru.

Tahun ini, proses seleksi akan diadakan dalam tiga periode berbeda. Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, mengkonfirmasi pembukaan sebanyak 2,3 juta formasi CASN. Pembagian formasi mencakup 207.247 posisi di pemerintah pusat dan 483.575 posisi di pemerintah daerah.

Baca Juga: Cara Daftar CPNS 2024 di SSCASN BKN, Ini Syarat, Berkas Dokumen dan Jadwalnya

"Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode," jelas Haryomo sebagaimaan dikutip dari situs BKN.

Kabar ini merupakan angin segar bagi para lulusan baru atau fresh graduate, di tahun ini terdapat 690.822 formasi yang disediakan khusus untuk mereka. Tujuannya memberikan kesempatan kepada talenta muda terbaik untuk bergabung dalam pemerintahan.

Baca Juga: Resmi, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Mei, Ini Cara Buat Akun SSCASN

Detail Pelaksanaan Seleksi 3 Tahap CASN 2024

Pelaksanaan seleksi CASN 2024 akan terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama dimulai dengan pengumuman dan seleksi administrasi pada minggu ketiga Maret 2024.

Tahap kedua akan berlangsung pada Juni 2024, meliputi pengumuman dan seleksi administrasi untuk CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tahap ketiga dijadwalkan pada Agustus 2024.

Baca Juga: Menpan RB Ungkap Seleksi CASN 2024 Bisa Digelar Lebih dari Sekali, yang Pertama Mulai Mei

Dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2023, terdapat beberapa catatan penting dari tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang akan dijadikan bahan evaluasi.


 

Beberapa isu utama termasuk ketidakakuratan verifikasi pada fase seleksi administrasi, praktik perjokian selama pelaksanaan seleksi, dan masalah dalam konversi nilai CAT dan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan (SKTT). Selain itu, proses Daftar Riwayat Hidup (DRH) juga terhambat oleh keterbatasan fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan peserta.

Baca Juga: Presiden Umumkan Rekrutmen CASN 2024 Segera Dibuka, Ada 2,3 Juta Formasi

"Tidak hanya itu, proses Daftar Riwayat Hidup (DRH) terhambat karena terbatasnya kapasitas fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan peserta yang lulus. Khususnya di daerah 3T," pungkas Haryomo.

Dengan jadwal dan proses seleksi yang telah dirinci, calon peserta diimbau untuk mempersiapkan diri dengan matang. Informasi lebih lanjut mengenai seleksi CASN dapat diakses melalui laman resmi BKN.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x