Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

11 Jenis Usaha Kesenian dan Hiburan yang Pajaknya hanya 10%, Tak Seperti Karaoke dan Spa

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 06:40 WIB
11-jenis-usaha-kesenian-dan-hiburan-yang-pajaknya-hanya-10-tak-seperti-karaoke-dan-spa
Ilustrasi konser musik. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebut pagelaran musik bersama sejumlah jenis usaha hiburan lainnya pajaknya maksimal 10%. Tak seperti pajak hiburan untuk klub malam dan karaoke yang besarannya 40%-75%. (Sumber: xylobands.com )
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Keuangan menyatakan, pemerintah menurunkan tarif PBJT (Pajak Barang Jasa Tertentu) jasa kesenian dan hiburan secara umum dari semula sebesar paling tinggi 35% menjadi paling tinggi 10%. 

Aturan tertuang dalam UU No Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

Hal ini dilakukan untuk menyeragamkan dengan tarif pungutan berbasis konsumsi lainnya seperti makanan dan/atau minuman, tenaga listrik, jasa perhotelan, dan jasa parkir.

"Sebagai bukti komitmen pemerintah mendukung pengembangan pariwisata dan menyelaraskan dengan kondisi perekonomian," kata Direktur Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kemenkeu Lydia Kurniawati Christyana dalam media briefing, Selasa (16/1/2024). 

Baca Juga: Pengusaha Bali Minta Pajak Hiburan untuk Spa 15 Persen, Bukan 40 Persen

"Selain itu, secara umum pemerintah juga memberikan pengecualian terkait jasa kesenian dan hiburan untuk promosi budaya tradisional dengan tidak dipungut bayaran. Hal ini menunjukkan pemerintah berpihak dan mendukung pengembangan pariwisata di daerah," tambahnya. 

Ia menerangkan, PBJT atas jasa kesenian dan hiburan bukanlah suatu jenis pajak baru. 

PBJT sudah ada sejak Undang- Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD), Pada masa itu, objek PBJT atas jasa kesenian dan hiburan telah dipungut dengan nama pajak hiburan.

Ia memaparkan, jenis kesenian dan hiburan yang pajaknya paling tinggi 10% adalah:

Baca Juga: HIPMI Bali Nilai Penaikan Pajak Hiburan Bukan Langkah Tepat, Bandingkan dengan Thailand

11 Jenis Usaha Kesenian dan Hiburan dengan Pajak Maksimal 10%

(i) tontonan film atau bentuk tontonan audio visual lainnya yang dipertontonkan secara langsung di suatu lokasi tertentu;

(ii) pergelaran kesenian, musik, tari, dan/atau busana; 

(iii) kontes kecantikan; 

(iv) kontes binaraga; 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x