Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Tawarkan Bebas PPh dan PPN untuk UKM yang Investasi di IKN

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 15:56 WIB
jokowi-tawarkan-bebas-pph-dan-ppn-untuk-ukm-yang-investasi-di-ikn
residen Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking apartemen The Pakubuwono Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis, 21 Desember 2023. (Sumber: BPMI Setpres )
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapatkan sederet insentif.

Yakni berupa pembebasan Pajak Penghasilan (PPh) badan, PPh karyawan, hingga pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Hal itu ia sampaikan saat meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) BSH Hub Community. Di lokasi tersebut akan dibangun hotel Bintang tiga dan restoran.

“Saya senang dan menyambut baik bahwa pada hari ini dilakukan peletakan batu pertama BSH Hub Community yang berinvestasi di IKN ini. Dan saya sangat menghargai meskipun tadi Pak Haryadi menyampaikan UKM, tapi saya enggak percaya, karena cabangnya sudah 40 masa masih kategori UKM,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/12).

“Tapi perlu Bapak-Ibu sekalian ketahui bahwa untuk UKM yang berinvestasi di IKN ini nanti untuk PPh, PPN maupun PPh karyawannya itu memang akan dibebaskan untuk memberikan trigger ekonomi pada UKM-UKM yang ingin melakukan investasi di IKN,” tambahnya.

Baca Juga: Kemenag Buka Pelunasan Biaya Haji Reguler Mulai 9 Januari 2024

Jokowi menyambut adanya pembangunan hotel bintang tiga di IKN, karena sejauh ini yang dibangun adalah hotel Bintang tiga ke atas. Begitu juga dengan restoran.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, hotel dan restoran di BSH Hub Community sudah bisa beroperasi pada Juli 2024.

“Dan saya berharap betul-betul tadi yang disampaikan oleh Pak Haryadi (PHRI) bahwa sebelum bulan Juli, hotel dan restorannya sudah jadi dan selesai bisa kita nikmati bersama-sama. Saya sangat menghargai pekerjaan yang super cepat itu,” ujarnya.

Usai meresmikan groundbreaking BSH Hub Community, Jokowi kemudian melanjutkan ke agenda berikutnya yaitu melakukan peletakan batu pertama apartemen The Pakubuwono Nusantara.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x