Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Peluncuran Allianz Syariah

Kompas.tv - 17 November 2023, 10:04 WIB
wapres-ma-ruf-amin-resmikan-peluncuran-allianz-syariah
Pencanangan Gerakan Mengasuransikan 10.000 Masyarakat Indonesia melalui penyerahan secara simbolis ke beberapa perwakilan komunitas. (Sumber: Dok. Allianz)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Perusahaan asuransi terkemuka global Allianz mengumumkan berdirinya PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) pada Kamis, 16 November 2023, di Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.

Allianz Syariah  yang telah beroperasi penuh sejak 1 November 2023 ini diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin dan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan dan Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian Penjaminan, dan Dana Pensiun Ogi Prastomiyono.

Peluncuran asuransi berbasis syariah ini juga dihadiri Duta Besar Jerman untuk Indonesia H.E. Ms. Ina Lepel dan Regional Chief Executive Officer Allianz Asia Pacific Anusha Thavarajah. 

Kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, sekaligus menegaskan dukungan penuh pemerintah bagi pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia pada umumnya dan asuransi syariah pada khususnya.  

Menurut Wapres, asuransi syariah wajib menjunjung prinsip kebersamaan sesuai nilai-nilai syariah, yakni tolong-menolong, keadilan, keberlanjutan, serta distribusi risiko dan keuntungan yang relatif berimbang.

Dengan prinsip tersebut, produk asuransi syariah tidak hanya berfungsi sebagai instrumen keuangan, tetapi juga sebagai sarana dalam mewujudkan nilai-nilai kebaikan bersama. Oleh sebab itu, produk-produk syariah sudah sewajarnya dapat diakses oleh setiap kalangan masyarakat. 

“Pendirian PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia merupakan langkah memajukan dan memperkuat struktur dan daya saing nasional. Diharapkan, langkah ini dapat segera diikuti perusahaan asuransi syariah lainnya yang telah memenuhi ketentuan OJK,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Duta Besar Jerman untuk Indonesia H.E Ms. Ina Lepel mengatakan, dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, kepentingan global terhadap ekonomi syariah sangat dinamis. 

“Secara umum, pertumbuhan produk keuangan termasuk asuransi di Indonesia turut berkembang secara positif. Asuransi merupakan produk keuangan yang sangat penting sehingga akan lebih baik bila masyarakat memiliki opsi tambahan berupa asuransi syariah,” ungkapnya.

Baca Juga: Allianz Syariah Resmi Meluncur, Sasar Segala Segmen

Dubes Jerman tersebut menambahkan, dalam suatu perspektif, masyarakat di Asia Tenggara dan Indonesia berbagi suatu value yang sama, yaitu solidaritas bagi orang yang kurang beruntung. 

Karena itu, menurutnya konsep syariah tersebut sangat bagus dan Indonesia pun telah menerapkannya dengan sangat baik karena masyarakat Indonesia senang berbagi tanpa terbatas ras, suku, atau agama. 

Berdasarkan Laporan Perkembangan Keuangan Syariah dari Otoritas Jasa Keuangan, hingga akhir tahun 2022 ekonomi syariah terus mengalami pertumbuhan signifikan.

Total aset Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah mencapai Rp146,12 triliun, dengan laju pertumbuhan aset sebesar 20,88 persen. 

Dari sisi market share, asuransi jiwa syariah tercatat sebesar 5,62 persen sehingga potensi pasarnya masih sangat besar. 

Prinsip syariah dalam asuransi mencakup keadilan, transparansi, inklusivitas dan saling membantu sesama. Hal ini sejalan dengan komitmen Allianz untuk menyediakan perlindungan yang inklusif. 

Allianz menerapkan hal ini melalui produk syariah yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, terfokus, dan relevan dengan perkembangan zaman.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia Achmad K. Permana mengatakan, Allianz melihat dan memahami kebutuhan proteksi keuangan masyarakat Indonesia yang sangat beragam.

Karena itu, Allianz Syariah hadir dengan tujuan menjangkau semua lapisan masyarakat Indonesia hingga ke level mikro dengan menyediakan perlindungan kelas dunia yang menerapkan nilai-nilai kebaikan syariah di dalamnya.

"Kehadiran entitas baru Allianz Syariah adalah bukti nyata komitmen kami untuk berfokus pada bisnis asuransi syariah dan terus berpartisipasi mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia,” tutur Achmad. 

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia tersebut menambahkan, Allianz Syariah senantiasa menyediakan perlindungan kepada para pesertanya, di saat yang bersamaan terus menyebarkan semangat berbagi kebaikan yang menguatkan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x