Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kronologi Tiket Penumpang Kereta Harina Dibatalkan Pihak Lain, Diganti jadi Tiket KA Ciremai

Kompas.tv - 15 November 2023, 11:23 WIB
kronologi-tiket-penumpang-kereta-harina-dibatalkan-pihak-lain-diganti-jadi-tiket-ka-ciremai
Penumpang kereta menggunakan loket box di Stasiun Gambir. KAI mengingatkan para calon penumpang tidak membagikan data-data terkait pemesanan tiket kereta mereka, termasuk kode booking. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seorang pengguna kereta api mengalami kejadian tidak mengenakan saat akan menggunakan tiket KA yang dipesannya. Peristiwa tersebut diunggah oleh adik penumpang tersebut yang bernama Adhimas Santoso. 

Di akun Facebook miliknya, Adhimas mengunggah tangkapan layar bukti pemesanan KA Harina relasi Bandung-Surabaya Pasar Turi yang dipesan kakaknya, sudah dibatalkan. 

Di foto yang diposting Adhimas, terlihat waktu keberangkatan seharusnya adalah pada Senin 13 November pukul 10.45 WIB. Namun saat kakak Adhimas ingin boarding dan berangkat dark Stasiun Cimahi, ia tidak bisa menggunakan tiketnya. 

Adhimas pun menduga aksi pembatalan tiket itu dilakukan oleh seorang rail fans (RF), sebutan untuk pecinta kereta api.  

Baca Juga: Ini Tips Aman Beli Tiket Kereta, Jangan Sampai Tiket Anda Tiba-Tiba Dibatalkan Orang Lain

"Banyak tingkah Rf2 jaman skrg, bisa sampe ngecancel tiket org sesuka hati.. gapunya otak, ngisengin sih ngisengin tp ga separah ini, semoga pelaku hidupnya ga tenang," tulis Adhimas di Facebooknya. 

Adhimas juga mengunggah video rekaman CCTV yang didapat dari pihak KAI. Terlihat ada seorang laki-laki yang memakai masker, yang diduga membatalkan pesanan tiket milik kakak Adhimas di Loket Box Stasiun Cimahi. 

Ketika dihubungi Kompas.tv, Rabu (15/11), Adhimas menjelaskan awalnya sang kakak ingin berangkat ke Surabaya menggunakan KA Harina dari stasiun Cimahi. Lalu saat ingin mencetak tiket, tertera keterangan tiket sudah dibatalkan. 

"Lalu kakak saya meminta pertolongan saya. Saya langsung menuju customer service (cs) stasiun Cimahi untuk menanyakan perihal tiket kakak saya ini, dan ternyata berdasarkan sistem memang sudah ter-reschedule menjadi KA Ciremai dengan tujuan Semarang," kata Adhimas. 

Baca Juga: Calon Penumpang Kereta Kaget Tiketnya Tiba-Tiba Dibatalkan, KAI Ingatkan Jangan Bagikan Kode Booking

"Disitu saya kaget karena dari pihak saya sama sekali tidak merasa melakukan reschedule. Lalu pihak cs langsung mengecek CCTV stasiun berdasarkan waktu pe-reschedulan tiket, dan memang terlihat ada oknum yg diduga melalukan reschedule melalui ticket box stasiun Cimahi," lanjutnya. 

Setelah berbicara dengan pihak Stasiun Cimahi, kakak Adhimas pun diberikan tiket pengganti agar tetap berangkat ke Surabaya. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x