Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ini Tips Aman Beli Tiket Kereta, Jangan Sampai Tiket Anda Tiba-Tiba Dibatalkan Orang Lain

Kompas.tv - 15 November 2023, 10:14 WIB
ini-tips-aman-beli-tiket-kereta-jangan-sampai-tiket-anda-tiba-tiba-dibatalkan-orang-lain
Ilustrasi penumpang kereta saat periode Nataru. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menjual tiket KA masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, sejak tanggal 6 November 2023 lalu untuk keberangkatan pada 21 Desember 2023 s/d. 7 Januari 2024. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menjual tiket KA masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, sejak tanggal 6 November 2023 lalu untuk keberangkatan pada 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya dan sudah dibuka H-45 sebelum jadwal keberangkatan.

Mengutip dari laman resmi KAI, Rabu (15/11/2023), ada beberapa tips yang perlu jadi perhatian calon penumpang saat membeli tiket kereta untuk perjalanan Nataru:

Baca Juga: Calon Penumpang Kereta Kaget Tiketnya Tiba-Tiba Dibatalkan, KAI Ingatkan Jangan Bagikan Kode Booking

Tips Membeli Tiket Kereta

1. Tentukan Jadwal perjalanan dengan baik

Pastikan waktu ke perjalanan anda sudah mengikuti jadwal libur yang telah ditetapkan pemerintah. 

"Berdasarkan Surat Keputusan Bersama 3 Menteri, pemerintah telah menetapkan hari libur nasional Hari Raya Natal dan cuti bersama Hari Raya Natal pada 25-26 Desember 2024," tulis KAI dalam siaran persnya. 

Selanjutnya, estimasikan waktu perjalanan dari rumah ke stasiun keberangkatan, karena jika terlambat maka tiket Anda akan hangus.

2. Gunakan Channel Penjualan Resmi

Untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar, pastikan pemesanan tiket Nataru melalui channel resmi KAI seperti aplikasi Access by KAI yang bisa diunduh di Android atau App Store, website kai.id, Contact Center KAI di (021)121, dan loket pemesanan di stasiun. 

Selain itu calon penumpang juga bisa membeli tiket melalui mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI.

Baca Juga: Tiket Kereta untuk Libur Natal Masih Tersedia, Ini Cara Pesannya Lewat Aplikasi Access by KAI

3. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Sebelum memesan tiket secara online, Anda juga perlu memastikan koneksi internet stabil. Hal ini agar proses pemesanan berlangsung lancar dari awal hingga tiket berhasil didapat. 

"Biasanya terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke channel-channel online penjualan tiket Nataru. Untuk itu KAI juga telah mengantisipasinya dengan menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa," ujar KAI. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x