Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Penumpang Kereta Cepat Whoosh Diimbau Tiba di Stasiun Maksimal 30 Menit Sebelum Berangkat

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 21:14 WIB
penumpang-kereta-cepat-whoosh-diimbau-tiba-di-stasiun-maksimal-30-menit-sebelum-berangkat
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengingatkan calon penumpang Kereta Jakarta-Bandung (KCJB) untuk sampai di stasiun keberangkatan paling lambat setengah jam sebelum jadwal yang tertera. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengingatkan calon penumpang Kereta Jakarta-Bandung (KCJB) untuk sampai di stasiun keberangkatan paling lambat setengah jam sebelum jadwal yang tertera.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, sistem boarding  pada gate kereta cepat Whoosh akan ditutup saat sudah memasuki 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. 

Apalagi, stasiun kereta cepat cukup luas sehingga perlu waktu ekstra dari pintu masuk sampai ke peron. Ia menyebut jarak yang perlu ditempuh dari gate di lantai 2 menuju peron stasiun yang terletak di lantai 3 cukup jauh.

Sehingga sangat berisiko jika penumpang terburu-buru atau berlari menuju peron karena dikhawatirkan penumpang dapat terjatuh dan terluka.

Baca Juga: Mengenal Dana Abadi Pesantren, Diusung Prabowo-Gibran, Tapi Sudah Diteken Jokowi Sejak 2021

"Penerapan kebijakan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan penumpang selama menggunakan perjalanan Whoosh baik saat berada di stasiun dan di atas kereta," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/10/2023). 

"KCIC juga berkomitmen untuk memastikan perjalanan Kereta Cepat Whoosh sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan target tingkat ketepatan waktu mencapai 100 persen," tambahnya. 

Waktu kedatangan maksimal 30 menit sebelum jadwal berangkat, karena proses yang harus dijalani penumpang sebelum masuk dalam kereta juga perlu waktu. Yakni mulai dari pemeriksaan barang bawaan hingga proses boarding.

"Penumpang yang sudah membeli tiket Kereta Cepat Whoosh secara daring melalui aplikasi Whoosh, ticket.kcic.co.id, dan saluran pemesanan resmi lainnya tidak perlu lagi mencetak tiket karena dapat langsung melakukan boarding dengan menggunakan QR Code yang didapatkan usai melakukan pembelian tiket. Hal ini tentu saja dapat mempersingkat proses boarding," jelasnya. 

Baca Juga: Cara Pembatalan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, Dana Kembali 75 Persen

KCIC memungkinkan pembatalan tiket Whoosh. Tapi kalau pembatalan tak bisa dilakukan bagi penumpang yang datang terlambat. 

"Jika tetap akan menggunakan perjalanan kereta cepat maka harus membeli tiket baru," ucapnya. 

Eva mengatakan penumpang tak perlu khawatir bosan saat di stasiun jika datang lebih awal. Lantaran stasiun kereta cepat dilengkali berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengguna. 

"Untuk kenyamanan bersama penumpang diimbau untuk dapat mengatur waktu kedatangannya ke stasiun. Seluruh stasiun Kereta Cepat Whoosh sudah dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman dan luas," ungkap Eva. 

"Penumpang juga dapat menunggu di area bazar kuliner yang tersedia. Sejumlah gerai ritel yang sudah bekerja sama juga akan dibuka dalam waktu dekat," sambungnya. 

Baca Juga: Garuda Indonesia Travel Fair 2023 Digelar Mulai Hari Ini, Ada Diskon Tiket Pesawat hingga 80 Persen

KCIC sebelumnya juga  menambah jadwal perjalanan kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh dari 14 menjadi 25 perjalanan per hari.


 

Penambahan jadwal ini dilakukan seiring meningkatnya minat masyarakat menggunakan kereta cepat tersebut. Jadwal perjalanan tambahan kereta cepat Whoosh ini berlaku mulai 25 hingga 31 Oktober 2023.

Berikut jadwal perjalanan Whoosh terbaru hingga 31 Oktober 2023:

1. Perjalanan Kereta Cepat Whoosh rute Halim-Tegalluar

• G1109 pukul 06.40

• G1113 pukul 07.30 (Jumat, Sabtu, dan Minggu)

• G1119 pukul 08.45




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x