Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ini Tol yang Habiskan Dana Rp12,5 T, Bikin Lampung-Palembang Tadinya 12 Jam jadi 3,5 Jam

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 21:00 WIB
ini-tol-yang-habiskan-dana-rp12-5-t-bikin-lampung-palembang-tadinya-12-jam-jadi-3-5-jam
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,5 km, di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (26/10/2023). (Sumber: BPJT)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi baru saja meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,5 km, di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (26/10/2023).

Tol tersebut dibangun selama 4 tahun atau sejak 2019 dan menghabiskan dana sebesar Rp12,5 triliun. Jokowi menyebut investasi tersebut sangat besar, namun manfaatnya juga besar untuk masyarakat. 

Dengan beroperasinya Tol Indralaya – Prabumulih, maka waktu tempuh dari Lampung hingga Palembang menjadi hanya 3,5 jam. Dari yang tadinya 10 hingga 12 jam. Tol baru ini adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sudah dimulai dari Bakauheni, Lampung. 

Sehingga dari Bakauheni menuju Palembang atau kawasan lainnya di Sumatera Selatan, masyarakat bisa menggunakan jalan tol. 

Baca Juga: Garuda Indonesia Travel Fair 2023 Digelar Mulai Hari Ini, Ada Diskon Tiket Pesawat hingga 80 Persen

Adapun JTTS memiliki total panjang 2.749 km, dengan 24 ruas tol yang terdiri dari koridor utama (backbone) 1.889 km dan koridor pendukung 860 km.

“Jalan tol ini sudah dibangun sejak 2019 dengan medan yang tidak mudah, utamanya di Sumatera Selatan dengan biaya investasi Rp12,5 triliun. Investasi memang besar, tetapi manfaat bagi negara dan rakyat akan sangat luar biasa kalau kita bisa menaikkan produktivitas yakni dengan menyambungkan jalan tol ke kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, industri, maka manfaatnya akan sangat besar sekali,” tutur Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam acara peresmian, dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Kabinet. 

"Tadi malam saya bertemu dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, beliau-beliau menyampaikan, ‘Pak dulu dari Palembang ke Lampung itu memakan waktu 10 sampai 12 jam, sekarang 3,5 jam sudah bisa.’ Terjadi sebuah kecepatan yang luar biasa kalau seperti itu,” ujar Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Minta Tol Indralaya-Prabumulih Disambungkan dengan Sentra Ekonomi: Investasinya Besar

Saat peresmian, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Ia menyampaikan, tol tersebut dapat memudahkan mobilitas dan memperlancar arus logistik untuk meningkatkan perekonomian Sumatera Selatan.

"Kehadiran Jalan Tol Indralaya-Prabumulih akan mendukung konektivitas dari Lampung-Sumatera Selatan menuju Bengkulu, sehingga memudahkan mobilitas dan memperlancar arus logistik untuk meningkatkan perekonomian Sumatera Selatan (Sumsel)," ucap Basuki.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x