Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ini Logo Resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Terinspirasi dari Cepatnya Laju Kereta

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 17:40 WIB
ini-logo-resmi-kereta-cepat-jakarta-bandung-terinspirasi-dari-cepatnya-laju-kereta
Logo resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Whoosh. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seiring dengan peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) oleh Presiden Joko Widodo, PT Kereta Cepat Indonesia China juga mengumumkan logo resmi kereta yang diberi nama Whoosh itu. 

Logo yang dipilih merupakan pemenang dari kompetisi desain yang diadakan KCIC sebelumnya.

Logo yang terpilih merupakan karya dari studio desain Visious, yang berbasis di Jakarta.

"Logo dan jenama ini terinspirasi dari efek riak dari Kereta Cepat yang juga secara langsung menggambarkan manfaat berantai Kereta Cepat kepada masyarakat," tulis kereta cepat di akun Instagram resminya, @keretacepat_id, Senin (2/10/2023). 

Pihak Visious menyatakan, secara garis besar konsep ini menggambarkan efek hempasan dari cepatnya laju kereta yang membentuk huruf W sebagai logogram. 

Baca Juga: Kereta Suite Class Kompartemen Meluncur Pekan Ini, Berikut Potret Kemewahan Desain dan Fasilitasnya

Selain mewakili nama “Whoosh”, logogram ini secara langsung menyimbolkan dampak lesatan kereta cepat yang luar biasa di benak publik.

Hal ini divisualisasikan melalui prinsip desain yang selalu mengaplikasikan bentuk lekukan yang dinamis, struktur yang solid, dan garis yang selalu mengarah ke atas.

Lewat pengaplikasian warna yang kontras dan cerah serta penggunaan huruf yang kokoh, ekspresi pada logo membawa karakter energik yang mencerminkan kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi ke depan.

"Secara keseluruhan, identitas visual ini ingin menyampaikan pesan bahwa kereta cepat akan membawa perubahan yang berdampak positif secara signifikan bagi kemajuan Indonesia," kata Visious dikutip dari laman resmi KCIC. 

Baca Juga: Kereta Cepat Resmi Beroperasi, Ini Rute dan Jam Operasional TransJakarta Cawang-Stasiun Halim KCJB

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023) pagi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” kata Presiden dikutip dari setkab.go.id. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x