Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kereta Cepat Resmi Beroperasi, Ini Rute dan Jam Operasional TransJakarta Cawang-Stasiun Halim KCJB

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 14:04 WIB
kereta-cepat-resmi-beroperasi-ini-rute-dan-jam-operasional-transjakarta-cawang-stasiun-halim-kcjb
Stasiun KA Cepat Halim (kiri) yang terhubung dengan Stasiun LRT (kanan).Selain LRT Jabodebek, Stasiun Halim tempat naik kereta cepat juga bisa dijangkau oleh TransJakarta. Yaitu dengan rute 7W Cawang - Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Halim yang mulai dijalankan pada 28 September lalu. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta Cepat Jakart-Bandung (KCJB) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Senin (2/10/2023). Sehingga kini KCJB mulai beroperasi secara komersil. Namun sampai pertengahan Oktober, tarifnya masih gratis untuk masyarakat. 

Selain LRT Jabodebek, Stasiun Halim tempat naik kereta cepat juga bisa dijangkau oleh TransJakarta. Yaitu dengan rute 7W Cawang - Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Halim yang mulai dijalankan pada 28 September lalu. 

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan, kehadiran Bus Transjakarta dapat meningkatkan mobilitas menuju Stasiun Halim, Jakarta Timur.

Baca Juga: Kata Jokowi Soal Rekruitmen Pramugari Kereta Cepat 'Whoosh' Wajib Bisa Bahasa China

"Kehadiran Transjakarta akan memberikan dampak besar terhadap aksesibilitas Stasiun KA Cepat Whoosh Halim. Kehadiran Transjakarta ini akan mempermudah masyarakat dari berbagai area di Jakarta untuk menaiki KA Cepat Whoosh," kata Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (1/10).

"Akses calon penumpang KA Cepat Whoosh menuju Stasiun Halim Jakarta semakin mudah. Ini setelah dilakukannya uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim dengan rute Cawang-Jalan Mayjen Sutoyo-Jalan D.I. Panjaitan-Stasiun Halim dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB," ujarnya. 

Ia menerangkan, uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim tersebut berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jakarta Nomor 1033 Tahun 2023 tentang Penugasan Kepada Perseroran Terbatas Transportasi Jakarta Dalam Uji Coba Rute Baru 7W (Cawang-Stasiun KCJB Halim) sebagai layanan feeder LRT Jabodebek tertanggal 26 September 2023.

Baca Juga: Luhut Ungkap Alasan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis hingga Pertengahan Oktober

"Integrasi antarmoda ini memiliki dampak yang sangat luar biasa. Tidak hanya mempermudah masyarakat, tetapi dengan integrasi moda yang baik, akan terjadi pengembangan bisnis di area stasiun, muncul bangkitan-bangkitan penumpang hingga tumbuhnya kebudayaan bertransportasi publik," tuturnya.


Adapun rute 7W ini beroperasi setiap hari, pada pukul 05.00-22:00 WIB. Kemudian, bus TransJakarta akan berhenti di bus stop Stasiun KCJB Halim dari pukul 06.00 sampai 16.00 WIB.

Baca Juga: Arti di Balik Nama Whoosh Kereta Cepat Jakarta-Bandung | SINAU

Berikut rute TransJakarta Cawang - Stasiun KCJB Halim:

• Cawang Setyo 1 - St KCJIB Halim - Cawang Soetoyo 2 - Cawang UKI 1 - BKN 2 - BKN 1 - Cawang UKI 2 - BNN 1 - BNN 2 dan sebaliknya.

Sementara untuk tarif TransJakarta Cawang - Stasiun KCJB Halim TransJakarta ini dipatok dengan biaya sebesar Rp3.500. Tarif tersebut berlaku bagi masyarakat yang ingin menaiki bus dari Cawang ke Stasiun KCJB Halim serta sebaliknya.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x