Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

BP Batam Berikan Uang Sewa Rp1,2 Juta per Bulan untuk Hunian Sementara Warga Pulau Rempang

Kompas.tv - 13 September 2023, 00:45 WIB
bp-batam-berikan-uang-sewa-rp1-2-juta-per-bulan-untuk-hunian-sementara-warga-pulau-rempang
Petugas membersihkan pohon yang ditumbangkan dan dibakar warga untuk menghalangi aparat gabungan masuk ke Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/9/2023). Warga Pulau Rempang, Kepulauan Riau, yang terdampak proyek pengembangan kawasan Rempang Eco City, akan diberikan bantuan berupa uang sewa rumah sebesar Rp1,2 juta oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. (Sumber: Kompas.id )
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

BATAM, KOMPAS.TV - Warga Pulau Rempang, Kepulauan Riau, yang terdampak proyek pengembangan kawasan Rempang Eco City, akan diberikan uang sewa rumah sebesar Rp1,2 juta oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, pihaknya sebenarnya telah menyediakan tempat tinggal sementara bagi warga yang terdampak. 

Tapi ada sebagian warga lain yang memilih tinggal di luar area yang disediakan BP Batam. Sehingga, mereka akan diberi bantuan uang sewa Rp1,2 juta. 

"Jadi sementara ini ada lokasi sementara untuk relokasi warga, karena yang permanen belum selesai. Kita beri kebebasan kepada mereka, BP Batam akan menyiapkan uang sewa rumah, akan kita berikan per bulannya Rp1,2 juta setiap satu rumah," kata Rudi di Batam, seperti dikutip dari Antara

Baca Juga: Buntut Kericuhan Demo Warga Pulau Remapng di Kantor BP Batam, 43 Orang Ditangkap!

Ia menambahkan, BP Batam juga akan memberikan uang dengan jumlah yang sama untuk bantuan uang makan setiap warga Rempang. 

"Jadi semisal dalam keluarga ada bapak, ibu, tambah dua anak maka ada empat orang, dikalikan Rp1,2 juta sudah Rp4,8 juta, kemudian ditambah lagi Rp1,2 juta uang sewa tadi, berarti Rp6 juta," terangnya. 

"Kalau dia tidak mengambil rumah yang disiapkan oleh BP Batam, karena BP Batam mencari rumah hari ini cukup sulit, maka rusun yang kita tawarkan," tambahnya. 

Adapun rusun yang disiapkan BP Batam untuk hunian sementara adalah Rusun BP Batam sebanyak lima rusun, Rusun Pemkot Batam sebanyak tiga rusun, Rusun Jamsostek sebanyak tiga rusun, serta ruko dan perumahan di tiga lokasi.

Baca Juga: Sebut Kerusuhan di Pulau Rempang akibat Komunikasi yang Kurang Baik, Jokowi: Sudah Ada Kesepakatan

"Tapi banyak protes, karena seperti lansia yang tidak mungkin naik tangga lagi, karena di rusun tidak ada lift. Maka kami juga menyiapkan rumah landed, tapi tidak cukup," ucapnya. 

Ia menerangkan, hunian baru yang disiapkan itu berupa rumah tipe 45 senilai Rp120 juta dengan luas tanah maksimal 500 m2.

Rudi mengeklaim, hunian tersebut berada di Dapur 3 Si Jantung yang sangat menguntungkan untuk melaut dan menyandarkan kapal.

Lebih lanjut, BP Batam sedang menyiapkan lahan hunian baru seluas 2.000 hektare untuk 700 keluarga (KK) yang direlokasi untuk pengembangan kawasan Rempang Eco City.

"Di 2.000 hektare ada tiga kampung dan akhirnya satu kampung lagi akan dibangun tower. Relokasi yang permanen tadi itu tidak akan selesai pada tahun ini ataupun tahun depan. Kalau dimulai sekarang pun di atas tanah 2.000 hektare itu lebih kurang 700 kepala keluarga mungkin itu akan kita selesaikan dulu," jelasnya. 

Baca Juga: Polda Metro Hentikan Tilang Uji Emisi, Heru Budi: Ngikut Saja, Terserah Teman-Teman Polisi



Sumber : Antara/Kompas.tv


BERITA LAINNYA



Close Ads x