Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

IKN bakal Punya Terowongan Bawah Laut seperti di Busan, Mulai Dibangun setelah 2024

Kompas.tv - 9 September 2023, 16:37 WIB
ikn-bakal-punya-terowongan-bawah-laut-seperti-di-busan-mulai-dibangun-setelah-2024
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melihat maket pembangunan immerse Tunnel seperti di Geoje, Busan, Korea Selatan. (Sumber: Kemen PUPR)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengungkapkan, pembangunan terowongan bawah laut atau immersed tunnel di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dimulai setelah tahun 2024.

Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, saat ini Kementerian PUPR masih menyusun desain untuk tol terowongan bawah laut di IKN Nusantara. Adapun teknologi immersed tunnel merupakan metode yang umumnya digunakan untuk menggantikan jembatan yang melalui wilayah perairan yang lebar.

"Pembangunan tol terowongan bawah laut dilakukan setelah tahun 2024," ucapnya di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: Kantor Mahfud, Luhut, Airlangga, dan Muhadjir di IKN Mulai Bisa Dipakai Agustus 2024

"Kita sekarang membuat desainnya, karena pembangunan terowongan bawah laut merupakan suatu hal yang baru. Di tahun ini dan 2024, Kementerian PUPR menyusun Desain Teknis Terinci atau Detail Engineering Design (DED) untuk terowongan tersebut," sambungnya seperti dikutip dari Antara.

Ia menerangkan, pembuatan desain tersebut melibatkan konsultan atau pakar internasional, karena pembangunan proyek tersebut merupakan bidang infrastruktur yang benar-benar baru.

Pembangunan immersed tunnel ini disiapkan untuk menjadi bagian dari Seksi 4 Jalan Tol Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Pembangunan immersed tunnel juga sesuai dengan konsep forest city yang diusung oleh IKN Nusantara.

Menurut Hedy, Kementerian PUPR sebenarnya bisa saja membuat jembatan. Namun untuk menjaga lingkungan, yang diutamakan adalah pembangunan immersed tunnel agar pengguna jalan tol dapat menyeberangi Teluk Balikpapan di ujung jalan tol ketika menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Presiden Korsel dan PM China Sampaikan Tertarik Investasi di IKN



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x