Kompas TV nasional peristiwa

Kantor Mahfud, Luhut, Airlangga, dan Muhadjir di IKN Mulai Bisa Dipakai Agustus 2024

Kompas.tv - 9 September 2023, 14:03 WIB
kantor-mahfud-luhut-airlangga-dan-muhadjir-di-ikn-mulai-bisa-dipakai-agustus-2024
Progres pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Rabu (31/5/2023). (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengungkapkan, empat gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, mulai dapat digunakan secara bertahap pada Agustus 2024.

Keempat gedung Kemenko tersebut yakni Kemenko Polhukam yang saat ini dipimpin Mahfud MD, Kemenko Marves yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan, Kemenko Perekonomian yang dipimpin Airlangga Hartarto, dan Kemenko PMK yang dipimpin Muhadjir Effendy. 

"Pada Agustus 2024, gedung-gedung Kemenko di IKN dapat digunakan secara bertahap," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/9/2023). 

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Presiden Korsel dan PM China Sampaikan Tertarik Investasi di IKN

Diana mengatakan pembangunan empat gedung Kemenko yang menerapkan prinsip-prinsip Bangunan Gedung Hijau dan Bangunan Gedung Cerdas tersebut, akan sepenuhnya selesai pada 2024.

Prinsip Bangunan Gedung Hijau meliputi efisiensi energi dan air, penggunaan material ramah lingkungan sampai dengan pengelolaan air limbah dan sampah secara efektif dan efisien.

Sementara prinsip Bangunan Gedung Cerdas adalah sistem bangunan pintar yang terkoneksi internet dan memiliki standardisasi sistem penguncian cerdas.

"Pembangunan gedung Kemenko merupakan sarana utama yang merupakan infrastruktur dasar yang dibangun oleh Kementerian PUPR," ujar Diana. 

Baca Juga: 17 Ribu ASN, TNI dan Polri Boyongan ke IKN pada 2024, Menolak Ikut Bisa Kena Sanksi!

"Sebagai sarana utama, empat gedung Kemenko tersebut harus selesai pada tahun depan dalam rangka mendukung pemindahan awal ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur," tambahnya. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x