Kompas TV ekonomi keuangan

Waduh! 5 Kebiasaan Berhemat Ini Ternyata Malah Bikin Boros, Salah Satunya Beli Barang Murah

Kompas.tv - 3 September 2023, 21:10 WIB
waduh-5-kebiasaan-berhemat-ini-ternyata-malah-bikin-boros-salah-satunya-beli-barang-murah
Ilustrasi. Frugal living atau gaya hidup hemat. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Harga kebutuhan kian hari kian melonjak. Anda pun dituntut untuk berhemat. Namun, tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan berhemat yang justru membuatmu lebih boros dalam menghabiskan uang?

Beberapa tips hemat yang sering ditemukan di media sosial, antara lain lebih sering memasak di rumah, kurangi jajan, hingga mencari promo dan diskon.

Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari penawaran terbaik secara online atau berkendara jauh ke berbagai toko untuk membeli barang yang sedang diobral.

Baca Juga: Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup Hemat yang Penuh Kesadaran, Begini Cara Menerapkannya

Sayangnya, tidak semua tips ini bisa membuat uang bulanan Anda panjang umur hingga tanggal tua. Dilansir Life Hacker, berikut kebiasaan-kebiasaan berhemat yang justru bikin boros.

5 Kebiasaan Berhemat yang Justru Bikin Boros

1. Membeli sesuatu karena sedang diskon

Hindari mengeluarkan uang hanya karena ada penawaran khusus. Terkadang, membeli barang hanya karena ada diskon, tidak benar-benar menghemat uang. 

Beberapa penjual sering menggunakan trik promosi untuk mendorong Anda belanja lebih banyak, seperti menciptakan rasa kelangkaan atau membandingkan harga diskon dengan harga asli yang tinggi. 

Sebaiknya, jadilah pembeli yang bijak dan berpikir sebelum memutuskan untuk menghabiskan uang Anda.

2. Berbelanja di banyak toko yang sedang memberi promo

Jangan terlalu banyak berbelanja di berbagai toko hanya untuk mencari penawaran harga murah. Meskipun hal ini terlihat sebagai strategi cerdas, perjalanan ke berbagai toko mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang. 

Ini juga berlaku untuk pembelian online atau di lokapasar (marketplace) yang memicu Anda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Pertimbangkan biaya tersembunyi seperti waktu dan bahan bakar, sebelum memutuskan untuk berbelanja di banyak tempat.



Sumber : Life Hacker


BERITA LAINNYA



Close Ads x