Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Inovatif, Olahan Pakan Ternak Lele Berbahan Daging Afkir

Kompas.tv - 6 Mei 2024, 11:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Membantu menekan biaya produksi budidaya ikan lele, seorang anggota TNI Kodim 0710 Pekalongan, Jawa Tengah, membuat pakan alternatif. 


Serka Bambang Susantosa, anggota Koramil 07 Wonpringgo, Kabupaten Pekalongan ini , setiap hari menyiapkan olahan pakan lele. Namun yang ia pakai adalah ikan runcah maupun ayam afkir, yaitu ayam yang sudah tidak bertelur lagi dan tidak laku dijual di pasar.

Serka Bambang memulai membuat pakan ikan lele sendiri tersebut sudah sejak tahun 2017 silam, dimana saat itu dirinya juga sedang beternak ikan lele. Sehingga ia berfikir bagaimana caranya untuk menekan biaya produksi terutama pengeluaran untuk pakan ikan lelenya.

Berawal dari situ ia mencoba membuat pakan alternatif sendiri dengan memanfaatkan bahan baku ikan runcah maupun ayam yang sudah afkiran. Serka Bambang sudah bisa memangkas biaya produksi, khususnya pembelian pakan ikan lele dengan persentase setengah dari harga beli pakan di toko. Bahkan, pakan ikan alternatifnya, ia bagikan kepada warga secara gratis .

“Saya memproduksi pakan ikan lele alternatif untuk ternak sendiri dan sebagian saya bagikan masyarakat di sekitar Koramil 07 Wonopringgo yang juga beternak lele,” ucap Serka Bambang Susanto.

Serka Bambang juga mengajak kepada semua peternak ikan lele, jika ingin menekan ongkos produksi bisa membuat pakan sendiri seperti yang ia lakukan, sehingga hasilnya dari beternak lele bisa lebih maksimal.

#pakanalternatif #ternaklele #pekalongan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x