Kompas TV lifestyle tren

Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup Hemat yang Penuh Kesadaran, Begini Cara Menerapkannya

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 08:33 WIB
mengenal-frugal-living-gaya-hidup-hemat-yang-penuh-kesadaran-begini-cara-menerapkannya
Ilustrasi frugal living atau gaya hidup hemat. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Frugal living atau hidup hemat kini tengah banyak diperhatikan, khususnya oleh anak-anak muda. Harga-harga yang naik dengan upah yang stagnan mendorong banyak orang yang penasaran dengan apa itu frugal living.

Melansir Wealth Simple, frugal living adalah gaya hidup yang menekankan mindfulness (kesadaran) saat mengeluarkan uang dan berfokus pada prioritas.

Baca Juga: Cara Urus Perubahan Nama di Akta Kelahiran, KK, KTP, atau Dokumen Kependudukan Lainnya

Dalam konsep frugal living, tindakan menjadi bertanggung jawab secara finansial dan berhati-hati harus dilakukan sebisa mungkin, mengelola uang dengan hati-hati, dan menghabiskan uang dengan sadar.

Frugal living dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan keuangan yang sehat dan memperbaiki kondisi keuangan Anda.

Gaya hidup ini juga menekankan konsep yang mengutamakan efisiensi dalam penggunaan uang. Sebelum mengeluarkan uang, seseorang akan melakukan pertimbangan yang matang agar dapat membuat keputusan finansial yang bijaksana.

Baca Juga: Jangan Terkecoh dengan Emas Imitasi, Ini 8 Metode untuk Menentukan Emas Asli atau Palsu

Cara Menerapkan Frugal Living

Melansir Nerd Wallet, ada beberapa hal sederhana untuk menerapkan gaya hidup ini.

1. Buat anggaran yang baik

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat anggaran yang jelas dan patuhi anggaran tersebut. Dengan memiliki anggaran, Anda dapat melacak pengeluaran Anda dengan lebih baik dan menghindari pengeluaran yang berlebihan.

2. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Identifikasi area di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, mengurangi frekuensi makan di luar, menghindari pengeluaran pada hiburan yang tidak terlalu penting, atau membatasi langganan yang tidak Anda manfaatkan sepenuhnya. 

Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, Anda dapat menghemat sejumlah uang yang signifikan.

Baca Juga: Bukan Boomers, Ternyata Gen Z dan Milenial jadi Kelompok yang Paling Rentan Tertipu Hoaks

3. Manfaatkan promo dan diskon

Sebelum melakukan pembelian, lakukan riset terlebih dahulu. Cari promo, gunakan kupon, dan bandingkan harga dari beberapa tempat sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk atau layanan.

4. Memasak di rumah

Makan di luar seringkali dapat menjadi pengeluaran yang besar. Untuk menghemat uang, cobalah untuk lebih sering memasak di rumah. Selain menghemat uang, masak di rumah juga memberikan Anda kontrol penuh atas bahan makanan yang Anda konsumsi. 

5. Do It Yourself (DIY)

Cobalah untuk melakukan berbagai hal sendiri daripada membayar orang lain untuk melakukannya. Misalnya, Anda dapat melakukan perbaikan rumah yang sederhana sendiri, seperti memasang rak atau mengerjakan pemeliharaan rutin pada mobil Anda. 

Anda juga dapat mempelajari keterampilan baru, seperti menjahit atau memperbaiki pakaian, yang dapat membantu menghemat uang.




Sumber : Wealth Simple, Nerd Wallet


BERITA LAINNYA



Close Ads x