Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ada Kenaikan, Berikut Daftar Tarif Baru Penyeberangan di 29 Lintasan, Berlaku Mulai Hari Ini

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 13:00 WIB
ada-kenaikan-berikut-daftar-tarif-baru-penyeberangan-di-29-lintasan-berlaku-mulai-hari-ini
Ilustrasi kapal ferry yang berlayar dari Pelabuhan Merak, Jakarta ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Daftar tarif terbaru kapal penyebrangan di 29 lintasan di Indonesia. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai hari ini, Kamis (3/8/2023), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi melakukan penyesuaian tarif untuk  29 lintasan penyeberangan di seluruh Indonesia.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin,  memastikan kenaikan tarif selaras dengan peningkatan kualitas pelayanan. Perbedaan nilai tarif ini, kata dia, juga tidak semata untuk keuntungan salah satu pihak.

“Kenaikan biaya bahan bakar minyak (BBM), kenaikan Upah Minimum Kota (UMK), inflasi, serta kenaikan kurs dollar berdampak signifikan pada biaya perawatan dan perbaikan kapal," kata Shelvy, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/8). 

"Komponen-komponen tersebut berdampak pada peningkatan biaya layanan penyeberangan kapal, termasuk yang dikelola ASDP. Berdasarkan pertimbangan ini, penyesuaian tarif dirasa perlu dilakukan,” imbuhnya.

Kenaikan tarif di 29 lintasan ini mencakup Merak-Bakauheni, Ketapang-Lembar, Jangkar-Lembar, Jangkar-Kupang, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Surabaya-Lembar, Kendal-Kumai, Sape-Waikelo, Sape-Labuan Bajo, Sape-Waingapu, Tanjung Api Api-Tanjung Kalian, Batam-Kuala Tungkal, Batam-Mengkapan.

Kemudian, Batam-Sei Selari, Karimun-Mengkapan, Karimun-Sei Selari, Mengkapan-Tanjung Pinang, Dumai-Malaka, Dabo-Kuala Tungkal, Bajoe-Kolaka, Balikpapan-Taipa, Balikpapan-Mamuju, Bitung Ternate, Bira-Sikeli, Bitung-Tobelo, Pagimana-Gorontalo, Siwa-Lasusua, dan Batulicin-Garongkong.

Ia pun mengatakan pemberlakuan penyesuaian tarif ini sejalan dengan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 61 Tahun 2023 tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

Sebagai bentuk komitmen ASDP untuk melakukan optimalisasi pelayanan dengan mengutakaman kepuasan pelanggan, Shelvy menuturkan pihaknya juga telah mengupayakan peningkatan pelayanan penyeberangan dan pelabuhan dengan mempersiapkan layanan Dermaga Eksekutif II di Merak-Bakauheni. 


Selain itu, juga dilakukan penambahan infrastruktur penunjang layanan pengguna jasa diantaranya access bridge penghubung terminal eksekutif, penyediaan garbarata dermaga eksekutif II.

Lalu ada penambahan kapasitas serta renovasi ruang tunggu layanan eksekutif II, khususnya di Pelabuhan Merak dan Bakauheni yang diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pengguna jasa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x