Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pembangunan Stasiun KRL di Kawasan JIS Sudah 30 Persen, Target Selesai April 2024

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 12:20 WIB
pembangunan-stasiun-krl-di-kawasan-jis-sudah-30-persen-target-selesai-april-2024
Situasi di area Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, lokasi konser Dewa 19, Sabtu (4/2/2023). Pemerintah sedang membangun stasiun kereta api di dekat Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah sedang membangun stasiun kereta api di dekat Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pembangunanya sudah mencapai 30 persen. 

Keberadaan stasiun KRL dekat JIS ini diharapkan bisa menambah akses masyarakat dari dan menuju JIS. 

"Saat ini sedang kami siapkan stasiun KRL sementara di JIS. Pembangunannya sudah 30 persen," kata Syafrin seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/7/2023). 

Ia menjelaskan, Pemprov DKI dan pihak terkait ingin mempercepat pembangunan stasiun. 

Tapi ada kendala pembangunan stasiun KRL di JIS. Yakni harus menunggu pemasangan tutup beton tiang penyangga (pile cap) pembangunan Tol Harbour Road II  agar pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) ke lokasi stadion bisa segera dilaksanakan.

Baca Juga: Erick Thohir, Menteri Basuki, dan Heru Budi akan Tinjau JIS Hari Ini

"Kami sedang menyiapkan untuk percepatan, tetapi memang ada kendala karena di sana sedang ada pembangunan Tol Harbour Road II. Di mana salah satu pile cap dari tol ini, termasuk yang harus diselesaikan, kemudian barulah kami bisa membangun jembatan penyeberangan orang ke area pejalan kaki di kawasan JIS, khususnya di sisi timur," ujarnya. 

JPO yang menghubungkan ke area pejalan kaki di sisi timur JIS baru bisa dibangun setelah pembangunan tol selesai. Sementara peron stasiun KRL tersebut saat ini masih dalam proses penyelesaian.

Ia menyebut, penyelesaian proyek stasiun KRL di kawasan JIS ini diperkirakan akan selesai pada April 2024. Itu artinya stasiun tersebut belum bisa digunakan oleh masyarakat saat gelaran Piala Dunia U-17 di JIS pada akhir tahun ini. 

Syafrin menambahkan, ada lahan parkir seluas 5.000 meter persegi di kawasan JIS. 

"Di ujung timur itu sekitar 5.000 meter persegi kita manfaatkan untuk parkir melalui pola kerja sama," ucapnya. 

Baca Juga: BBM Baru Pertamax Green 95 akan Dijual di 17 SPBU Seharga Rp13.200/Liter

Pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menyediakan lahan parkir tersebut. Seperti dengan Ancol dan Kemayoran untuk penyediaan lahan parkir di kawasan JIS.


 

"Untuk lokasi parkir itu, kami juga kerja sama dengan Parkir C Kemayoran, juga di Ancol, juga di beberapa titik di kawasan JIS, apakah itu Jalan Danau Sunter Barat kemudian di Jalan Sunter Permai. Itu juga di sana ada beberapa titik dan kemudian disiapkan bus antar-jemput (shuttle)," katanya. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dijadwalkan akan meninjau Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada hari ini, Selasa (4/7/2023). 

Baca Juga: Uji Coba TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Ditunda Jadi 5 Juli 2023

"(Selasa) besok. Saya besok jadwalnya dengan Menteri PUPR, dengan Menteri BUMN untuk ngecek," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota, Senin (3/7). 

Mereka akan meninjau fasilitas dan kesiapan apa saja yang diperlukan JIS untuk menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Lantaran Stadion GBK digunakan untuk konser Coldplay. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x