Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Beda Pandangan Erick Thohir dan Sandiaga Uno soal WSBK Mandalika Bikin Rugi dan akan Dihapus

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 19:25 WIB
beda-pandangan-erick-thohir-dan-sandiaga-uno-soal-wsbk-mandalika-bikin-rugi-dan-akan-dihapus
Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalan konferensi pers peluncuran Liga 1 musim 2023-2024, Kamis (15/6/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak pihak yang mengkritisi rencana penghapusan ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). BUMN pengelola Mandalika, PT ITDC, disebut tak punya perhitungan bisnis yang matang, sehingga rugi hingga Rp100 miliar dari acara tersebut.

Namun menurut Menteri BUMN Erick Thohir, dilihat dari segi bisnis, usulan penghapusan WSBK adalah hal yang biasa yang dilakukan untuk penghematan anggaran perusahaan.

"Itu kan lumayan jadi penghematan," kata Erick kepada awak media di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Lagipula, usulan tersebut masih harus dinegosiasikan dengan sejumlah pihak, sehingga tidak langsung dilaksanakan.

"Kita nego dulu, kan belum tentu diterima," ujarnya.

Erick menjelaskan, WSBK digelar di Mandalika awalnya sebagai sebuah tes event sebelum digelarnya MotoGP di lokasi yang sama. Nah, setelah ajang MotoGP di Mandalika sukses, Erick menilai tak ada salahnya menghapus WSBK yang membebani keuangan perusahaan.

Baca Juga: Reaksi Keras Pemda NTB soal WSBK Dihapus, Siap Ambil Alih hingga Singgung Makam Leluhur Digusur

"Tentu kan kita harus melakukan efisiensi, bahwa waktu itu kita bidding MotoGP, tetapi di situ ada rangkaian tes event WSBK. Saya rasa hal yang lumrah, tapi kita boleh dong negosiasi. Karena ini sudah ke-2, ke-3, tes event-nya nggak perlu ada lagi. MotoGP-nya aja," tuturnya.

Hal serupa juga ia sampaikan saat berada di Gedung DPR, Kamis (15/6). Ia mengakui memang ada event besar di Mandalika yang memberatkan keuangan BUMN.

"Ada beberapa event yang saya rasa memang misalnya memberatkan, ya kita negosiasi ulang. Ya itu hal yang biasa," ucap Erick saat itu.

"Tapi kalau MotoGP, itu kita pertahankan, karena itu sangat positif untuk branding sebuah negara," tambahnya.

Jika Erick Thohir setuju WSBK dihapus karena tidak menguntungkan, ia punya pandangan lain soal pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang membuat ITDC berutang hingga Rp4,6 triliun. Ketua Umum PSSI itu menyebut, utang tersebut adalah utang pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: Sandiaga soal Usulan WSBK Dihapus karena Bikin Rugi: Harusnya Event di Mandalika Tambah Banyak

Pembangunan KEK Mandalika butuh waktu hingga 8 tahun, namun pemasukannya datang secara bertahap. Hal itulah yang membuat banyak pihak memandang pembangunan Mandalika sebagai sebuah pemborosan.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x