Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Indonesia Jadi Negara Pertama yang Dikunjungi Kaisar Jepang Naruhito, Jokowi: Sebuah Kehormatan

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 11:42 WIB
indonesia-jadi-negara-pertama-yang-dikunjungi-kaisar-jepang-naruhito-jokowi-sebuah-kehormatan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Indonesia merasa terhormat karena Kaisar Jepang Naruhito menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi dalam rangkaian kunjungan kenegaraan. (Sumber: Tangkapan Layar Breaking News Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

BOGOR, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Indonesia merasa terhormat karena Kaisar Jepang Naruhito menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi dalam rangkaian kunjungan kenegaraan. 

Presiden berharap, pertemuan ini bisa mempererat hubungan antara Indonesia dengan Jepang, khususnya dalam bidang ekonomi. 

"Sebuah kehormatan bagi saya bisa menyambut Yang Mulia Kaisar dan Yang Mulia Permaisuri," kata Jokowi di Griya Anggrek Kebun Raya Bogor, Senin (19/6/2023). 

"Kami juga merasa terhormat karena Indonesia menjadi negara tujuan pertama dalam kunjungan Kaisar keluar negeri. Semoga kunjungn ini semakin memperkokoh pondasi persahabatan diantara masyarakat kita. Hal itu diperlukan bagi pengembangan kemitraan strategis terutama ekonomi," tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Kaisar Jepang Tanam Pohon Gaharu hingga Sopiri Mobil Golf Keliling Kebun Raya

Jokowi menyampaikan, persahabagan antaran masyarakat dan negara Indonesia-Jepang penting untuk disemai, di tengah tantangan yang ada saat ini. 

"Semoga kunjungan ini bisa membawa kesan yang baik bagi Kaisar," ujar Jokowi. 

Selanjutnya, Naruhito pun menyampaikan sambutannya dalam bahasa Jepang. Di akhir sambutannya, ia mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Indonesia. 

"Terima kasih," ucapnya sambil tersenyum.

Dari Griya Anggrek Kebun Raya Bogor, Presiden Jokowi dan Kaisar Jepang pun kembali ke Istana Bogor untuk melakukan pertemuan tatap muka. 

Sementara Permaisuri Masako dan Ibu Negara Iriana Jokowi menjalani kegiatan pendamping, mulai dari minum teh hingga melihat pameran batik. 

Baca Juga: Jokowi Jamu Kaisar Naruhito, Bersama Membungkuk di Depan Bendera Indonesia dan Jepang

Sebagai informasi, kunjungan ini adalah kunjungan kenegaraan pertama Kaisar Jepang sejak naik takhta sebagai Kaisar 2019.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x