Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Presiden Jokowi Ajak Kaisar Jepang Tanam Pohon Gaharu hingga Sopiri Mobil Golf Keliling Kebun Raya

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 10:58 WIB
presiden-jokowi-ajak-kaisar-jepang-tanam-pohon-gaharu-hingga-sopiri-mobil-golf-keliling-kebun-raya
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito serta Permaisuri Masako di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (19/6/2023). (Sumber: Tangkapan Layar Breaking News Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito serta Permaisuri Masako di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (19/6/2023). 

Kedua pemimpin negara kemudian mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan Jepang di halaman Istana Bogor, lalu melakukan inspeksi pasukan. 

Setelahnya, Kaisar Naruhito menyalami sejumlah menteri yang hadir yakni Menl Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Kaisar Jepang Tiba di Indonesia untuk Kunjungan Kenegaraan Pertama, Temui Presiden Joko Widodo

Sebaliknya, Presiden Jokowi juga menyalami sejumlah delegasi Jepang yang ikut mendampingi Kaisar Naruhito. 

Setelah mengisi buku tamu, Kaisar dan Permaisuri Jepang diajak ke teras belakang Istana Bogor sambil menyapa awak media yang hadir disana.


Presiden Jokowi dan Kaisar Naruhito kemudian melakukan seremoni penanaman pohon Gaharu. Begitu juga dengan Permaisuri Masako dan Iriana Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Jamu Kaisar Naruhito, Bersama Membungkuk di Depan Bendera Indonesia dan Jepang

Kemudian Presiden mengajak Kaisar Jepang berkeliling Kebun Raya Bogor, dimana Presiden Jokowi menjadi supir mobil golf yang ditumpangi Kaisar Jepang, bersama Masako, Iriana, dan dua penerjemah. 

Ini adalah kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia. Setelah kemarin meninjau MRT di Jakarta, Kaisar juga dijadwalkan akan mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Candi Borobudur. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x