Kompas TV internasional kompas dunia

Kaisar Jepang Tiba di Indonesia untuk Kunjungan Kenegaraan Pertama, Temui Presiden Joko Widodo

Kompas.tv - 17 Juni 2023, 22:20 WIB
kaisar-jepang-tiba-di-indonesia-untuk-kunjungan-kenegaraan-pertama-temui-presiden-joko-widodo
Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dari Jepang tiba di Jakarta hari Sabtu (17/6/2023) untuk kunjungan kenegaraan pertama mereka sejak naik takhta sebagai Kaisar tahun 2019. (Sumber: The Japan Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dari Jepang tiba di Jakarta, Sabtu (17/6/2023), untuk kunjungan kenegaraan pertama mereka sejak naik takhta sebagai Kaisar tahun 2019.

"Saya sangat senang dapat berkunjung di tahun tonggak peringatan 65 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia dan peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama Jepang-ASEAN," ungkap Naruhito memulai jumpa pers sebelum berangkat ke Indonesia, Kamis (15/6/2023).

Berdasarkan laporan dari Straits Times, Sabtu (17/6/2023), kunjungan mereka dari tanggal 17 hingga 23 Juni ke ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini meliputi pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di sebuah istana di selatan Jakarta, dan kunjungan ke pemakaman militer untuk menghormati para prajurit Indonesia dan Jepang.

Jepang menguasai Indonesia selama lebih dari tiga tahun selama dan setelah Perang Dunia II, merebutnya dari Hindia Belanda tanpa pertempuran dan menghancurkan citra superioritas Belanda.

Penyerahan Jepang pada akhir perang membuka jalan bagi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 meskipun Belanda berusaha merebut kembali koloni lamanya.

"Sejak perang, Jepang bekerja keras untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran internasional negara-negara Asia termasuk Indonesia," kata Kaisar Naruhito kepada wartawan pada hari Kamis sebelum perjalanan.

"Berdasarkan sejarah diplomasi kedua negara, saya berharap kunjungan ini akan membantu memperdalam hubungan persahabatan antara negara kita."

Baca Juga: Momen Menteri PUPR Basuki Sambut Kedatangan Kaisar Jepang Naruhito


Naruhito mendapat kesan Indonesia adalah negara yang kaya keragaman, dengan populasi dan skala ekonomi terbesar di ASEAN, "Dan saya yakin Indonesia akan memainkan peran penting dalam masyarakat internasional. Ketika Kaisar dan Permaisuri mengunjungi Jepang sebagai tamu negara pada tahun 1991, mereka diperlakukan dengan keramahan yang hangat, dan dari waktu ke waktu mereka berbicara dengan mereka," kata Kaisar Naruhito sebelum berangkat ke Jakarta.

Pasangan kerajaan ini akan mengunjungi pemakaman militer di Jakarta selatan, di mana 28 mantan prajurit Jepang yang tinggal dan berjuang di Jakarta selama Perang Kemerdekaan Indonesia antara tahun 1945 dan 1949 dimakamkan.

Mereka juga akan mengunjungi stasiun MRT yang baru dibangun di Jakarta dengan bantuan Jepang, dan sebuah stasiun pemompa yang didanai Tokyo untuk mencegah banjir.

Selain itu, Kaisar juga dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke kota Jawa Tengah, Yogyakarta, untuk bertemu dengan Sultan Yogyakarta Hamengkubuwono X, serta mengunjungi Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia.

Pasangan kerajaan ini secara bertahap mulai menjalankan tugas publik setelah membatasi aktivitas mereka selama pandemi Covid-19.

Pada tahun 2022, mereka melakukan perjalanan pertama mereka ke luar negeri sejak naik takhta untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II di London.

Monarki Jepang sebelumnya mengunjungi Indonesia pada tahun 1962 dan 1991.

 



Sumber : The Japan TImes / Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x