Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Harga Bawang Melejit, Pedagang Terpaksa Jual Eceran

Kompas.tv - 29 April 2024, 10:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Harga bawang merah dan bawang putih yang belum stabil dikeluhkan oleh pedagang Pasar Peterongan Kota Semarang. Sukinem, salah satu pedagang, mengaku bingung untuk menentukan harga jual.

Harga bawang merah dan bawang putih yang naik turun, terutama setelah dan sebelum Lebaran, membuatnya harus pandai-pandai untuk menjual barang dagangannya.

Harga bawang merah saat ini dijual Rp 70.000 per kilogram, sementara harga jual bawang putih dijual Rp 60.000 per kilogram. Namun, Sukinem mengaku tidak ada pembeli yang membeli satu kilogram karena harganya yang tergolong mahal sehingga Sukinem menjual bawang merah dan bawang putih dengan cara eceran.

Untuk harga bawang merah seperempat kilogram, ia jual dengan harga Rp 18.000. Sementara bawang putih seperempat kilogram, ia jual dengan harga Rp 15.000. Kadang pun pembeli memilih untuk membeli dengan harga yang lebih rendah, seperti Rp 10.000 atau Rp 5.000.

“Belinya Rp 55.000, jualnya Rp 70.000. Tapi ga ada yang belinya satu kilogram, belinya seperempatan. Kalau seperempat Rp 18.000, itu udah mepet. Kalau yang bawang putih itu Rp 15.000 seperempat. Kalau bawang putih belinya kemarin Rp 45.000 atau Rp 50.000. Ya itu, harganya tidak tetap, jadi tidak bisa ditentukan,” terang Sukinem.

Menyikapi harga bawang merah dan bawang putih yang belum stabil, pedagang pun juga enggan menyetok banyak dagangannya, yakni maksimal lima kilogram bawang merah dan bawang putih, dan biasanya habis dalam jangka waktu tiga hari.

#hargabawangmahal #pasarpeterongansemarang #hargabawangnaik




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x