Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Daftar Online Uji Coba LRT Jabodebek Mulai 10 Juli, Bisa Buat Liburan Sekolah, Bayar Rp1

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 10:16 WIB
daftar-online-uji-coba-lrt-jabodebek-mulai-10-juli-bisa-buat-liburan-sekolah-bayar-rp1
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta melakukan uji coba rangkaian LRT dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun TMII pada Senin (26/12/2022). Warga bisa mencoba naik LRT selama masa soft launching 12 Juli-15 Agustus,. (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Masyarakat bisa ikut menjajal LRT Jabodebek saat masa uji coba, mulai 10 Juli 2023. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dan warga hanya perlu membayar Rp1.

Masa uji coba terbatas LRT Jabodebek berlangsung mulai 12 Juli hingga 15 Agustus.

Calon penumpang bisa mengikuti uji coba LRT Jabodeke dari Stasiun Harjamukti di Depok, Stasiun Jatimulya di Bekasi, dan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan.

Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, jelang berlakunya masa uji coba 1 Juli, masyarakat bisa mendaftar lewat tautan atau link yang akan dibagikan di media sosial resmi LRT Jabodebek. Salah satunya pada media sosial Instagram @lrt_jabodebek.

"Nanti masyarakat bisa akses medsos kita kemudian nanti di situ ada link, bagi masyarakat yang hendak ikut uji coba terbatas ini nanti mereka bisa mendaftarkan di situ," kata Kuswardoyo, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Pengumuman! Mulai 12 Juli Warga Bisa Jajal LRT Jabodebek, Tarifnya Cuma Rp0 - Rp1

Tadinya, warga tidak perlu membayar atau alias gratis saat mecoba LRT saat soft launching.

Namun KAI ingin warga terbiasa dengan metode pembayaran nontunai atau cashless LRT, sehingga ditetapkan tarif sebesar Rp1. Sehingga penumpang tetap harus tapping kartu saat akan naik LRT.

"Sehingga nanti kami bisa melihat apakah sistem yang kita gunakan itu bisa berjalan atau tidak, normal atau tidak. Makanya kemudian kami terapkan sistem Rp1 pada saat nanti kita melakukan uji coba nanti," tuturnya.

Untuk 1 kali perjalanan, penumpang yang akan diangkut selama periode uji coba sebanyak 150 orang. Namun ia belum bisa memastikan ada berapa perjalanan kereta dalam 1 hari operasional LRT.

"Ya nanti, kami masih bahas di internal kita akan berapa perjalanan yang dimungkinkan untuk soft launching," ucap dia, dikutip dari Kompas.com.


Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, pemerintah akan mensubsidi tarif LRT Jabobedek sebesar 35 persen hingga 40 persen. Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, subsidi itu akan diberikan untuk tarif terjauh. Yakni dari Stasiun Harjamukti, Depok hingga Stasiun Dukuh Atas.




Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x