Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kereta Bandara Akan Sampai Stasiun Bekasi di 2024, Lewat Duri hingga Jatinegara

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 09:51 WIB
kereta-bandara-akan-sampai-stasiun-bekasi-di-2024-lewat-duri-hingga-jatinegara
Pemerintah akan memperpanjang rute Kereta Bandara Soekarno Hatta hingga ke Stasiun Bekasi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan memperpanjang rute Kereta Bandara Soekarno Hatta hingga ke Stasiun Bekasi. Dengan begitu, jadwal kereta bandara akan semakin selaras dengan jadwal KRL, sehingga memudahkan penumpang. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, stasiun yang akan dilewati oleh kereta bandara rute tersebut adalah Stasiun rute Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen, Kampung Bandan, Duri hingga Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya.

Hal itu ia sampaikan usai rapat koordinasi dengan Pj Gubernur DKI Jakarta, Dirut KAI, Dirut KAI Commuter, Dirut Angkasa Pura II, dan pihak lainnya di Jakarta, Minggu (28/5/2023). 

"Kami juga berdiskusi agar transportasi umum yang ada di Jakarta jangkauannya semakin luas dan semakin efektif," kata Budi kepada media. 

Selain itu, kereta bandara juga akan ditambah perjalanannya mulai 1 Juni 2023. Yakni dari 40 perjalanan menjadi 56 perjalanan. 

Baca Juga: Asyik! TransJakarta Bakal Masuk Bandara Soekarno-Hatta, Jadwalnya Pagi dan Sore

“Kami sudah mendiskusikan, rencananya jumlah rangkaian kereta bandara akan ditambah, dari yang sebelumnya 40 menjadi 56. Selain itu jangkauan kereta bandara juga akan diperluas hingga Bekasi,” ujar Budi. 

“Dua opsi ini akan dilaksanakan dalam setahun,” katanya. 

Sebelum rapat, Menhub bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan beberapa pejabat terkait menggunakan kereta bandara dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Soetta.

Kemudian kembali dari Bandara Soetta menggunakan kereta inspeksi menuju Stasiun Sudirman Baru (BNI City).

Upaya lainnya untuk meningkatkan layanan kereta bandara adalah dengan menyediakan counter check-in dan bagasi di stasiun kereta api sehingga memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara maupun sebaliknya.

Baca Juga: Ada Proyek Pembangunan MRT Fase 2, Dishub DKI Terapkan Rekayasa Lalin di Jalan MH Thamrin



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x