Kompas TV regional jabodetabek

Ada Proyek Pembangunan MRT Fase 2, Dishub DKI Terapkan Rekayasa Lalin di Jalan MH Thamrin

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 14:12 WIB
ada-proyek-pembangunan-mrt-fase-2-dishub-dki-terapkan-rekayasa-lalin-di-jalan-mh-thamrin
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase II di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (13/7/2022). Dishub DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan MH Thamrin mulai dari Bundaran Air Mancur Monas/Patung Kuda sampai Stasiun MRT Bundaran HI. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan MH Thamrin karena adanya proyek pembangunan MRT Fase 2 Segmen Stasiun Bundaran HI-Simpang Harmoni.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, rekayasa lalin diterapkan di Jalan MH Thamrin, mulai dari Bundaran Air Mancur Monumen Nasional/Patung Kuda sampai Stasiun MRT Bundaran HI.

"Sehubungan dengan pekerjaan lanjutan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 Segmen CP-201, Dishub DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas," kata Syafrin dalam siaran pers, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga: Perhatian! Stasiun MRT Thamrin Dibangun, Ada Rekayasa Lalu Lintas 12 Februari-15 Juni 2023

Ia menjelaskan, proyek MRT tahap 2 yang sedang digarap adalah pekerjaan pembangunan pintu masuk (entrance) Stasiun Thamrin pada 21 Mei 2023 hingga 30 April 2024.

Area pekerjaan soil investigasi entrance Stasiun Thamrin tersebut berada di Jalan MH Thamrin sisi timur (Gedung ESDM) yang akan menggunakan satu lajur sehingga dari empat lajur yang ada, akan menjadi tiga lajur mix traffic (campuran lalu lintas).

"Pekerjaan akan mengokupansi pedestrian Jalan Kebon Sirih sisi utara Wisma Mandiri sehingga pejalan kaki dikanalisasi ke Jalan Kebon Sirih sepanjang area pekerjaan," ujarnya.

Baca Juga: Pengumuman! Mulai 12 Juli Warga Bisa Jajal LRT Jabodebek, Tarifnya Cuma Rp0 - Rp1

Kemudian ada pekerjaan struktur tambahan tunnel yang terdiri dari dua tahapan. Tahap pertama berlangsung pada 28 Mei-31 Agustus 2023.

Pekerjaan ini akan berdampak pada lalu lintas sisi selatan Bundaran Air Mancur Monumen Nasional/Patung Kuda yang semula empat lajur akan menjadi tiga lajur selama pekerjaan.

Sementara pekerjaan tahap kedua berlangsung pada 1 September 2023-30 April 2024, yang akan berdampak pada lalu lintas sisi selatan Bundaran Air Mancur menjadi empat lajur dengan decking (hiasan).

Baca Juga: Segera Beroperasi Agustus, Tarif LRT Jabodebek Disubsidi dan Penumpang Cukup Bayar Rp15.000

Terakhir, pekerjaan Simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin pada 16 Juni 2023.

"Lalu lintas dari arah timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula dialihkan belok kiri berputar di Bundaran Hotel Indonesia, akan dapat meneruskan menuju Tanah Abang di simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin," tutur Syafrin.


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x