Kompas TV cerita ramadan takjil

Rekomendasi 6 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

Kompas.tv - 5 April 2023, 14:11 WIB
rekomendasi-6-menu-takjil-sehat-untuk-berbuka-puasa
Ilustrasi mengonsumsi kurma saat berbuka puasa pada bulan Ramadan. (Sumber: shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rekomendasi enam menu takjil sehat berikut ini baik dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Ada banyak pilihan makanan atau takjil ketika bulan puasa tiba. Sayangnya, banyak di antara takjil yang dijual itu mengandung gula atau minyak berlebih, sehingga kurang baik untuk kesehatan.

Untuk menghindari naiknya gula darah secara berlebihan, alangkah lebih baik jika Anda memilih takjil yang tidak mengandung banyak gula, namun mengandung banyak nutrisi.

Sesekali, cobalah mengonsumsi menu sehat buka puasa ini agar tubuh Anda semakin bugar dalam menjalankan ibadah pada bulan Ramadan 1444 kali ini.

Melansir dari Gramedia.com, berikut ini enam menu takjil sehat untuk berbuka puasa:

1. Tiga butir kurma

Kurma merupakan buah yang mengandung banyak serat dan energi, sehingga bisa mencegah seseorang untuk makan berlebihan ketika berbuka puasa.

Anda disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari tiga butir kurma, sebab kandungan gula dalam buah yang berasal dari Timur Tengah ini tergolong tinggi.

Baca Juga: Manfaat Kurma untuk Menu Berbuka dan Sahur Bagi Kesehatan

2. Puding buah

Ilustrasi puding buah. (Sumber: Grid.id)

Banyak orang lebih menyukai camilan gorengan saat berbuka puasa. Akan tetapi, gorengan kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi setiap hari. 

Kandungan kalori dan juga lemak yang cukup tinggi bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit serius, seperti hipertensi dan juga diabetes. 

Mulai sekarang, cobalah untuk mengganti menu gorengan dengan puding buah. Tapi, perlu dipahami bahwa gula yang Anda gunakan untuk membuat puding jangan terlalu banyak. 

Baca Juga: Resep Takjil Puding Pepaya untuk Buka Puasa, Sehat dan Penuh Serat

3. Es buah

Ilustrasi es buah. Makanan ini cocok dikonsumsi untuk berbuka puasa, asal tidak banyak tambahan gula atau kental manis. (Sumber: Sajian Sedap)


Sumber : Kompas TV/Gramedia


BERITA LAINNYA



Close Ads x