Kompas TV video sinau

Manfaat Kurma untuk Menu Berbuka dan Sahur Bagi Kesehatan

Kompas.tv - 14 April 2021, 22:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Buah kurma sering dikonsumsi saat bulan Ramadhan sebagai menu berbuka atau sahur.

Berbuka puasa dengan segelas air dan 3 butir kurma seperti sunah Nabi Muhammad SAW memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa selain bagi yang berpuasa, kurma juga bermanfaat bagi yang sedang diet.

Lalu apa saja manfaat kurma untuk kesehatan?

Sebutir kurma memiliki kandungan gizi di antaranya protein, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin A.

Manfaat kurma untuk kesehatan ternyata sangat banyak, termasuk salah satunya dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

Selain itu buah kurma mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan risiko kanker.

Mengkonsumsi kurma saat perut kosong dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan mengontrol kerja usus.

Buah kurma mengandung pemanis alami yang kaya serat dan baik bagi tubuh. Fruktosa adalah jenis gula alami yang banyak ditemukan dalam buah dan kandungan tertinggi pemanis alami ini ada pada kurma.

Mengkonsumsi buah kurma, baik saat berpuasa, diet, atau setiap hari dapat bermanfaat baik bagi kesehatan otak. Kurma dapat mengurangi pembentukan plak di otak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Kandungan gizi yang ada dalam buah kurma juga membuat kurma memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis. (*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x