Kompas TV bisnis perbankan

Kasus Tukang Becak Kuras Rp320 Juta di BCA, Bagaimana Sebenarnya SOP Penarikan Dana di Bank?

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 16:33 WIB
kasus-tukang-becak-kuras-rp320-juta-di-bca-bagaimana-sebenarnya-sop-penarikan-dana-di-bank
Ilustrasi: layanan Bank BCA. (Sumber: KONTAN/Cheppy A. Muchlis)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang tukang becak di Surabaya berhasil mengelabui teller BCA dan menarik uang tunai sebesar Rp320 juta yang bukan miliknya. Pelaku berhasil menguras rekening korban, karena memiliki kartu ATM, buku tabungan, KTP, dan mengetahui PIN ATM korban. 

Pelaku yang perawakannya mirip korban, sengaja memakai peci dan masker saat mencairkan dana ke teller. Pihak BCA pun menolak mengganti uang korban, karena merasa sudah menjalankan proses pencairan dana sesuai standar operasional prosedur (SOP). 

Pada umumnya, bank menerapkan syarat seperti KTP, buku tabungan, kartu ATM, dan PIN ATM untuk penarikan tunai di teller. Ada juga yang meminta nasabah untuk difoto ulang saat di teller, untuk mencocokkan dengan foto di KTP elektronik. 

Pengamat perbankan dari Binus University Doddy Arifianto mengatakan, tiap bank punya SOP yang berbeda dalam pencairan dana di teller. Hal itu juga tidak diatur secara detail oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Baca Juga: Keluarga Korban yang Uangnya Dikuras Tukang Becak Ancam Gugat BCA

"Ada yang saklek (ketat), ada yang longgar. Kalau bank pakai cek kornea mata nasabah, itu mahal sekali investasinya. Apalagi bank sekelas BCA, BRI, Mandiri, itu kan nasabahnya jutaan. Harus diminta satu-satu data kornea nasabahnya," kata Doddy kepada Kompas TV, Selasa (24/1/2023). 

Ia menyampaikan, semakin ketat SOP yang diterapkan bank, juga akan mempengaruhi kenyamanan nasabah. Biasanya, semakin ketat bank, semakin kurang nyaman bagi nasabah. 

"SOP itu bagian dari service bank. Pihak bank juga pastinya tidak mau nasabah merasa seperti di penjara, harus begini harus begitu," ujar Doddy. 

Namun, Doddy menilai, teller bank juga bukan robot yang hanya mengikuti SOP. Teller bank harus punya insting dengan profil nasabah yang dihadapinya. 

Baca Juga: Fakta Baru Kasus Tukang Becak Kuras Rp320 Juta, Ternyata Uangnya untuk Berobat Istri Korban



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x