Kompas TV bisnis kebijakan

Kendaraan Listrik di Indonesia Harus Bersuara, Menhub: Vespa Punya Suara Harley Memungkinkan

Kompas.tv - 9 November 2022, 04:35 WIB
kendaraan-listrik-di-indonesia-harus-bersuara-menhub-vespa-punya-suara-harley-memungkinkan
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik Pertamina di Fatmawati, Jakarta. Pemerintah akan menyetop penjualan motor dan mobil BBM mulai 2040 dan beralih ke kendaraan listrik. (Sumber: Pertamina)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi berpendapat kendaraan listrik yang beredar di Indonesia harus memiliki suara. Pasalnya, dengan adanya suara tersebut bisa meningkatkan keamanan pengguna kendaraan listrik.

"Saya memikirkan itu, suara menjadi keharusan terutama pada sepeda motor (listrik). Karena, itu agak bahaya dan sebagainya saat digunakan di jalan," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Senin (7/11/2022) kemarin.

Budi mengaku dirinya sudah bertemu sejumlah produsen dan pegiat otomotif terkait isu itu. Hasilnya, secara umum penambahan suara sangat memungkinkan.

Baca Juga: Bawa Jenis Sepeda Motor BBM hingga Listrik, Pameran Motor 'IMOS 2022' Dipadati Pengunjung!

"Kita sudah lakukan dengan mereka-mereka. Saya tanya, bisa tidak dikasih suara? Bisa. Jadi katakanlah contoh Vespa suaranya Harley Davidson, bisa saja," kata Budi.

"Personally, saya juga mau motor (listrik) saya lebih macho dengan warna-warna itu," lanjutnya.

Diberitakan, pemerintah telah memiliki regulasi terkait aturan suara tambahan pada pengendara listrik demi memenuhi aspek keselamatan dalam berkendara.


 

Baca Juga: Segera Ditertibkan, Ini Deretan Masalah dari Pengemudi Kendaraan Berpelat RF

Ketentuan teratur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pengujian Tipe Fisik Kendaraan Bermotor Dengan Tenaga Penggerak Menggunakan Motor Listrik yang diundangkan pada 16 Juni 2020.

Pasal 32 ayat 6 peraturan itu dijelaskan bahwa frekuensi tertinggi pada kendaraan listrik adalah 75 desibel, dihasilkan oleh komponen yang dipasang di kendaraan tersebut seperti speaker dan sejenisnya.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x