Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Intip Profil SPBU Vivo, Bikin Heboh Jual Bensin Lebih Murah dengan Kualitas Disebut Mirip Pertalite

Kompas.tv - 4 September 2022, 17:05 WIB
intip-profil-spbu-vivo-bikin-heboh-jual-bensin-lebih-murah-dengan-kualitas-disebut-mirip-pertalite
SPBU Vivo yang berada di Jalan Raya Cilangkap, Jakarta Timur. Masyarakat ramai-ramai mencari SPBU tersebut karena menjual bahan bakar yang lebih murah dengan kualitas mirip Pertalite. (Sumber: Kompas.com/Ridwan Aji Pitoko)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keputusan pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mendapat banyak tanggapan dari masyarakat.

Salah satunya adalah mencari BBM alternatif dengan harga lebih murah.

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan SPBU swasta, Vivo, yang menjual bensin murah dengan kualitas disebut-sebut mirip Pertalite.

Untuk diketahui, Pertalite kini dijual di harga Rp10.000 per liter, sementara Vivo menjual bensin Revvo 89 dengan harga Rp8.900 per liter saja.

Para netizen memberikan saran kepada masyarakat yang keberatan dengan tingginya harga Pertalite untuk beralih menggunakan Vivo.

Lantas siapa dan seperti apa profil dari SPBU Vivo?

Resmi beroperasi di Indonesia pada 2017 silam, SPBU Vivo merupakan perusahaan sektor hilir minyak dan gas bumi di bawah bendera PT Vivo Energy Indonesia, sebelumnya PT Nusantara Energi Plant Indonesia (NEPI).

Penyalur BBM ini terafiliasi dengan raksasa minyak yang berbasis di Swiss yakni Vitol Group. Vitol Group memiliki jaringan SPBU di Belanda, Inggris, Singapura, Australia, dan beberapa negara di Afrika.

Vitol Group sempat mencatatkan pendapatan sebesar 279 miliar dolar AS pada 2021 silam. Perusahaan penyalur BBM terbesar secara global ini memiliki jaringan di lebih dari 40 negara.

Baca Juga: Hehoh soal SPBU Vivo yang Jual Bensin Lebih Murah dari Pertalite, Harga Rp8.900, Kualitas Mirip?

Di Indonesia, perusahaan ini berada di Gama Tower, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Mereka memiliki kilang mini dan tangki BBM di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Beberapa SPBU Vivo yang berada di Indonesia merupakan bekas dari SPBU Total yang hengkang dari Indonesia. Vivo dalam penyaluran BBM menjual tiga jenis yakni Revvo 89, Revvo 92 dan Revvo 95.


Vivo Revvo 89 adalah jenis bensin yang paling murah dengan harga Rp8.900 per liter dan memiliki research octane number (RON) 89. Sebagai perbandingan, Pertalite memiliki RON 90.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/9/2022) semakin tinggi RON maka kualitas pembakaran di ruang mesin maka semakin baik.

Baca Juga: Ini Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, BP, Vivo Terbaru Maret 2022

Meski kualitas RON hanya satu tingkat di bawah Pertalite, bensin dari Vivo rupanya boleh beredar di Indonesia sesuai peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Laman Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menyatakan spesifikasi BBM yang boleh diedarkan atau ditetapkan di Indonesia termasuk RON 48, RON 88, RON 90, Avtur, kerosin, dan minyak bakar.

Mengutip Keputusan Dirjen Migas No.933.K/10/DJM.S/2013, kadar minimal RON di level 88 dengan tanpa kadar maksimum.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x