Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Inflasi Nyata, Menperin Sebut Harga Makanan-Minuman Sudah Naik 15 Persen

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 06:42 WIB
inflasi-nyata-menperin-sebut-harga-makanan-minuman-sudah-naik-15-persen
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI, Senin (22/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Komisi VII DPR /Dina Karina)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, harga makanan dan dan minuman (mamin) memang sudah naik dalam beberapa waktu terakhir.

Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi).

Kenaikan harga juga membuat produk dalam negeri bersaing cukup ketat dengan produk olahan sejenis yang berbahan baku impor.

"Khusus harga jual kami ingin menyampaikan berdasarkan studi Gapmmi ada kenaikan harga jual 5-15 persen, akhir-akhir ini," kata Agus dalam rapat kerja dengan anggota dewan, dikutip dari kanal YouTube Komisi VII DPR RI, Senin (22/8/2022).

Namun Ia tidak menjelaskan  produk apa saja yang harganya naik 5-15 persen. Kenaikan harga mamin itulah yang menjadi Salah satu tantangan pemerintah, dalam mengembangkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang mengolah produk dengan bahan baku di dalam negeri.

Baca Juga: Kata Menhub agar Dapat Tiket Pesawat Murah: Naiknya Siang dan Hari Kerja

Tantangan lainnya selain harga jual adalah, ketersediaan bahan baku.

"Ketersediaan bahan baku pangan masih fluktuasi karena dipengaruhi oleh musim panen dan kualitas bibit," ujar Agus.

Ia menambahkan, teknologi dan permesinan masih rendah dalam penerapan pembuatan olahan produk intermediate sehingga kurang memenuhi standar produk. Kemudian IKM juga masih perlu penguatan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Terakhir masih ada kurang penerapan standardisasi dan sistem keamanan pangan.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x