Kompas TV bisnis kebijakan

Makan Minum Terus Beli Baju di Mal Kena PPN 11 Persen Enggak? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 2 April 2022, 06:10 WIB
makan-minum-terus-beli-baju-di-mal-kena-ppn-11-persen-enggak-ini-penjelasannya
Ilustrasi - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen tidak akan memberatkan masyarakat menengah ke bawah. (Sumber: tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen mulai hari ini, Jumat (1/4/2022). Meski hanya naik 1 persen, sejumlah ekonom menilai dampaknya akan cukup memberatkan masyarakat karena dilakukan bertepatan dengan awal bulan puasa.

Seperti diketahui, momen bulan Ramadan sudah seperti momen tahunan untuk kenaikan harga hampir segala jenis barang. Mulai dari daging sapi di pasar becek sampai minyak wangi di pusat perbelanjaan modern.

Lewat keterangan resminya, Kementerian Keuangan menyosialisasikan daftar barang dan jasa yang dikecualikan atau dibebaskan dari PPN. Untungnya daging sapi termasuk dalam daftar tersebut. Kalau tidak, mungkin dari jauh-jauh hari Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah didemo emak-emak.

Tapi untuk minyak wangi lain soal. Misalnya, lepas 1 minggu Ramadan berjalan, Anda memutuskan ikut buka puasa bersama di mal dengan rekan-rekan kantor. Saat makan di restoran sushi favorit lalu ngopi-ngopi di Starbucks, Anda masih belum membayar PPN.

Baca Juga: Mahfud MD soal Kasus BLBI: Pokoknya Kami Sita Dulu, Anda Silakan Berdebat

Jangan keliru, pajak yang tercantum di struk pembayaran restoran itu bukan PPN, tapi Pajak Restoran atau Pajak Bangunan 1 (PB1). Besar tarifnya memang sama dengan tarif PPN yang lama, 10 persen.

Lagipula, makanan dan minuman yang dijual di restoran itu satu golongan dengan daging sapi dan sembako. Sama-sama barang bebas PPN.

Nah, kalau setelah acara makan dan ngopi itu Anda mampir beli baju, sepatu, perhiasan emas, dan minyak wangi buat persiapan Lebaran, di situlah ada PPN. Belum lagi kalau ternyata pulsa internet habis, pacar minta dibelikan voucher gim, lalu harus bayar langganan Netflix, kena lagi bayar PPN 11 persen.

Kalau dilihat angkanya seperti tidak signifikan, tapi ada juga anggota masyarakat yang protes. Penulis pernah mendengar celetukan seorang teman sejawat.

Baca Juga: Jokowi akan Ajak Kepala Negara Anggota G20 Lihat Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Upah naik enggak sampai 1 persen, PPN naik 1 persen!" kata kawan itu sambil emosi.



Sumber : KompasTV


BERITA LAINNYA



Close Ads x