Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kenaikan LPG Nonsubsidi Buat Konsumen Migrasi ke Tabung 3 Kg, Ini Respons Pemerintah

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 13:34 WIB
kenaikan-lpg-nonsubsidi-buat-konsumen-migrasi-ke-tabung-3-kg-ini-respons-pemerintah
Petugas menata tabung gas LPG berukuran 3 kg di agen gas Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/1/2020). Pemerintah ingin membatasi penyaluran dan penyesuaian harga elpiji 3 kg. (Sumber: KOMPAS.com/M ZAENUDDIN)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenaikan gas LPG nonsubsidi akan membuat permintaan LPG subsidi alias tabung 3 Kilogram meningkat. Masyarakat pengguna LPG nonsubsidi akan bermigrasi ke tabung 3 Kg.

Tenaga Ahli Utama KSP Edy Priyono mengakui peralihan konsumen LPG nonsubsidi ke tabung 3 Kg akan menjadi risiko dari penyesuaian harga LPG nonsubsisi.

Edy menilai hal tersebut sudah diperhitungkan oleh Pertamina dan diyakini risiko migrasi konsumen LGP nonsubsidi tidak terlalu besar.

Baca Juga: Harga LPG Non Subsidi Mulai Naik, Begini Penyataan dari Pertamina

Sebab, menurutnya 65 persen pengguna tabung 3 Kg bukan kelompok miskin dan rentan miskin, melainkan kelompok menengah. Di sisi lain LPG nonsubsidi lebih banyak digunakan oleh kalangan mampu. 

"Itu risiko yang sudah diperhitungkan Pertamina, tetapi kita harakan tidak terjadi. Namun secara jujur kita akui risiko itu ada," ujar Edy saat dihubungi KOMPAS TV, Selasa (1/2/2022).

Edy menambahkan penyesuaian harga LPG nonsubsidi merupakan kebijakan yang sudah melewati tahapan perhitungan.

Menurutnya Pertamina sudah menetapkan formula yang menjadi acuan untuk menyesuaikan LPG nonsubsidi dengan harga dunia. 

Baca Juga: Inflasi Januari 2022 Tertinggi Sejak 2020, Dipicu Kenaikan Harga Daging Ayam dan LPG

Edy menilai bisa saja Pertamina menunda penyesuaian harga LPG nonsubsidi, namun hal tersebut akan membebani APBN 2022 lantaran harus menutup kompensasi harga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x