Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tak Hanya Soal Pasokan, Mendag Lufti Pastikan Bakal Selesaikan Masalah Minyak Goreng

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 19:21 WIB
tak-hanya-soal-pasokan-mendag-lufti-pastikan-bakal-selesaikan-masalah-minyak-goreng
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (keempat kanan) berbincang dengan pedagang saat sidak di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/2/2022). Sidak tersebut guna meninjau ketersediaan pasokan dan harga kebutuhan pokok di pasaran. (Sumber: Antara )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV – Permasalahan minyak goreng menurut Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bukan hanya di pasokan tetapi juga di distributor.

Dalam tinjauannya ke perusahaan pengemasan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, permasalahan minyak goreng akan dapat disingkirkan dengan distribusi yang berjalan dengan baik.

“Permasalahan ini akan disingkirkan semua agar distribusi berjalan dengan baik. Kami akan pastikan distribusi migor (minyak goreng) sampai ke Indonesia Timur akan berjalan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (18/2/2022).

Oleh sebab ini, Lutfi meminta seluruh distributor segera menyalurkan minyak goreng secara cepat dan masif ke seluruh wilayah di Indonesia Timur. Sanksi keras akan diberikan apabila masih ada distributor yang main-main dengan menimbun minyak goreng di gudang.

“Diharapkan dengan distribusi yang cepat dan masif dapat segera menurunkan harga migor,” ucapnya.

Baca Juga: Mendag Lutfi Sebut El Nina Jadi Penyebab Harga Kedelai Naik

Ia menyebutkan, dalam empat hari terakhir Pemerintah telah menggelontorkan minyak goreng sebanyak 73 juta liter ke seluruh Indonesia.

Adapun, dalam tinjauannya tersebut, Lutfi juga memimpin penjualan minyak goreng curah dengan harga Rp10.500 per liter di Pasar Tambak Rejo.

“Yang kita lakukan untuk memastikan pasokan dan harga sesuai dengan ketetapan Pemerintah. Migor curah kita jual dengan harga Rp10.500 per liter dan pedagang tidak boleh jual lebih dari Rp11.500 per liter,” jelas Lutfi.

Ia mengungkapkan, distribusi penjualan minyak goreng dengan harga Rp10.500 per liter akan dilakukan di enam pasar di Kota Surabaya yang dipantau tim inflasi.

Keenam pasar tersebut yakni Pasar Keputran, Pasar Tambakrejo, Pasar Wonokromo, Pasar Pucang Anom, Pasar Genteng, dan Pasar Wonokromo Waru.

“Kemendag akan memastikan harga di setiap segmentasi terjamin dan pasokannya tersedia," tandasnya.

Lutfi juga meninjau harga dan pasokan barang kebutuhan pokok lainnya di pasar, dan ditemukan harga bahan pokok di pasar tersebut masih stabil dan terkendali. Hanya minyak goreng curah yang masih relatif tinggi.

Dalam hal ini, Mendag Lutfi memastikan harga minyak goreng curah segera stabil sesuai aturan pemerintah Rp11.500/liter.

Baca Juga: Soal Langkanya Minyak Goreng, Menteri Perdagangan Lakukan Sidak Ke Pasar Tradisional di Makassar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x