Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Simak, Berikut Kisaran Pengeluaran saat Jalani Isolasi Mandiri

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 20:11 WIB
simak-berikut-kisaran-pengeluaran-saat-jalani-isolasi-mandiri
Ilustrasi isolasi mandiri. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 melonjak membuat kapasitas fasilitas kesehatan terutama rumah sakit semakin penuh. Akibatnya, pasien positif Covid-19 yang tak kebagian ruang perawatan di RS atau pun lainnya harus melakukan isolasi secara mandiri di rumah.

Saat melakukan isoman, bukan hanya aktivitas terbatas tetapi bertambahnya biaya seperti obat maupun vitamin yang menjadi kebutuhan prioritas. Lalu, berapa kisaran pengeluaran yang dibutuhkan saat isoman. Tentu hal itu berbeda tergantung situasi dan kondisi.

Erika Kurnia (28), seorang penyintas Covid-19 yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet mengatakan, selama menjalani isolasi di Wisma Atlet tidak mengeluarkan biaya apapun.

“Kalau di Wisma Atlet sih aku enggak bayar, baik obat, vitamin dan tes PCR,” ujarnya kepada KompasTV (9/7/2021).

Sebelumnya, Erika merasakan gejala Covid-19 pada Selasa (17/6/2021) malam. Ia kemudian melakukan tes antigen dan positif.  Menyusul kemudian pada hari Kamis (19/6/2021) hasil tes PCR keluarnya dan positif.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Minta Kemenkes Buat Panduan Isoman bagi Pasien Covid-19 Gejala Sedang

Malamnya, di hari yang sama, Erika akhirnya dibawa ke Wisma Atlet. Ia dirawat total selama 15 hari.  “Jadi aku selama sakit enggak banyak ngeluarin duit. Cuma tes antigen sama PCR awal dan obat yg masih pakai duit sendiri sih. Dan itu lumayan, antigen Rp150 ribu, PCR Rp650 ribu, obat dan vitamin Rp300 ribuan,” jelasnya.

Tak hanya itu, usai menjalani perawatan, secara mandiri ia tetap minum vitamin untuk pemulihan sesuai  anjuran dokter, seperti vitamin C, B, E, Zinc.

“Aku juga tambah Vit D 5000 IU sesuai saran dokter kisaran harga Rp400 ribu,” imbuhnya.

Kondisi serupa juga dialami oleh Fajar Ramadhan yang harus menjalani isolasi di Wisma Atlet. Ia dinyatakan terpapar Covid-19 pada 31 Mei 2021. Kemudian, menjalani perawatan selama 12 hari bersama bayinya yang masih berusia sekitar 4 bulan. Sedangkan istrinya  menjalani isolasi selama 15 hari.

“Enggak keluar biaya apapun untuk tes PCR, obat dan vitamin. Paling pas tes antigen awal saja sih. Per orang sekitar Rp200.000, tapi itu juga diganti sama kantor,” jelasnya.

Kondisi berbeda dialami oleh Fidelis Dhayu (28), seorang warga Cangkringan, Sleman Yogyakarta yang harus isolasi mandiri di rumahnya. Ia bersama ibunya dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes PCR dan menjalani isoman mulai 24 Juni  hingga 10 Juli 2021.

Oleh Puskesman Cangkringan, tempatnya memeriksakan diri, ia memperoleh bantuan sembako langsung diantarkan ke rumahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x